0 Point
menopause

Ragam Penyakit yang Muncul Pasca Menopause

Menopause merupakan penurunan alami pada hormone reproduksi Ketika seorang Wanita memasuki usia 40-50 tahun. Menopause ditandai dengan 12 bulan sejak haid terakhir. Gejala umum menopause adalah kekeringan vagina, gangguan tidur, hingga sensasi semburan panas di vagina.

Selain itu, ada beberapa macam penyakit yang bisa muncul pasca seorang Wanita mengalami menopause sebagai berikut:

Penyakit jantung dan stroke

Wanita yang mengalami menopause harus mewaspadai kemungkinan terkena penyakit jantung. Ketika menopause maka terjadi penurunan hormone estrogen yang bersifat kardioprotektif yang berfungsi untuk melindungi terhadap penyakit jantung dan stroke. Jadi dengan berkurangnya hormone ini maka dapat menyebabkan perubahan drastis pada vaskular.

Osteoporosis

Osteoporosis setelah menopause terjadi karena berkurangnya hormon estrogen yang berfungsi untuk membantu mengatur pengangkutan kalsium ke dalam tulang.

Kenaikan berat badan

Penyebab kenaikan berat badan setelah menopause ternyata dipengaruhi oleh beberapa faktor. Diantaranya akibat perubahan hormon, berkurangnya massa otot, factor keturunan, kurang tidur, kurang bergerak, dan pola makan yang tidak sehat.

Infeksi saluran kemih

Wanita menopause lebih mudah mengalami infeksi saluran kemih karena mengalami penurunan hormone estrogen yang memiliki peran penting pada saluran kemih. Yakni untuk memicu kandung kemih untuk menghasilkan zat antimikroba alami.

Tidak bisa menahan kencing

Kondisi ini disebut juga dengan inkontinensia urine. Wanita yang mengalami menopause menjadi lebih kesulitan dalam mengontrol kandung kemih. Karena ovarium berhenti memproduksi estrogen yang berfungsi untuk mengontrol siklus menstruasi.

Kanker payudara

Wanita yang mengalami menopause dini juga rentang terkena kanker payudara. Sebuah penelitian menyebutkan hal ini karena adanya mutasi gen BRCA yang dapat meningkatkan risiko kanker payudara pada Wanita.

Depresi dan kecemasan

Gangguan mental seperti kecemasan dan depresi juga mengintai Wanita yang memasuki menopause. Akibat perubahan hormonal pada proses menopause dapat memengaruhi psikologis Wanita yang menyebabkan depresi dan kecemasan.

Masalah kesehatan mulut

Gejala menopause juga bisa memengaruhi area mulut. Dampak dari menopause dini dapat membuat lidah terasa terbakar, perubahan rasa, mulut terasa kering, penyakit gusi akibat penurunan kadar hormon estrogen.

(Foto: healthline)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok