Ragam Khasiat Daun Sirih Sebagai Obat Alami

January 12, 2020 | Aqiyu

Daun sirih

Daun sirih seringkali dikaitkan dengan daun yang suka dikunyah oleh orang tua zaman dulu terutama nenek. Daun sirih baik yang merah dan hijau, ternyata menyimpan ragam manfaat yang jarang diketahui dan sayang untuk dilewatkan.

Karena daun sirih mengandung banyak air. Daun sirih sangat rendah kalori dan rendah lemak. Dalam 100 gram daun sirih, terdapat 44 kalori dan 0,4-1% lemak. Selain itu, daun sirih juga mengandung protein, lodin, sodium, vitamin A, B1, B2, asam nikotinat. Berikut manfaat daun sirih yang wajib diketahui:

Obat radang tenggorokan

Daun sirih bisa dimanfaat sebagai obat alami untuk mengatasi radang tenggorokan. Caranya, rebus 4-5 lembar daun sirih dalam dua gelas air sampai tersisa setengahnya. Lalu, minu air rebusan tersebut secara rutin 2-3 gelas per hari.

Obat luka bakar ringan 

Daun sirih juga bisa digunakan untuk obat luar seperti luka bakar ringan. Cara mengolahnya, tumbuk dan hancurkan 2-3 lembar daun sirih merah dengan dua sendok teh madu. Lalu Anda hanya tinggal mengoleskan daun sirih yang telah dihancurkan sebelumnya ke permukaan kulit yang terkena luka bakar.

Obat demam berdarah

Demam berdarah juga bisa dimanfaatkan untuk membantu memulihkan seseorang yang terkena demam berdarah. Rebuslah 5-6 lembar daun sirih dalam dua gelas air sampai tersisa setengahnya. Kemudia minum air rebusan tersebut dua kali dalam sehari secara rutin.

Melancarkan haid

Rebus tiga lembar daun sirih, dicampurkan dengan 10 gram mahkota dewa, 15 gram umbi dewa dengan dua gelas air sampai hanya tersisa satu gelas saja. Minum air rebusan tersebut dua kali sehari.

YesDok Ads

Obat batuk

Manfaat daun sirih lainnya adalah mengobati batuk. Rebus lima daun sirih merah dalam 300 ml air, minum air rebusan tersebut dua kali setiap hari secara teratur.

Obat keputihan

Bagi Anda yang sering kali mengalami keputihan yang tidak nyaman, bisa mengatasinya dengan daun siri. Daun sirih sudah dikenal sejak lamu sebagai ramuan yang bagi bagi kesehatan dan kebersihan vagina. Tidak heran banyak produk perawatan organ intim yang berasal dari bahan daun sirih. Caranya, rebus 5-10 daun sirih merah dalam 250 ml air. Diamkan sampai dingin, lalu saring airnya dan gunakan untuk membasuh daerah kewanitaan.

Menghilangkan bau badan 

Bau badan yang kurang sedap bisa dilenyapkan dengan manfaat ajaib dari daun sirih. Rebuslah 10-15 lembar daun sirih lalu tambahkan empat gelas air hangat hingga tersisa dua gelas saja. Kemudian minum air rebusan tersebut sebanyak dua kali sehari.

Menghilangkan bau mulut

Rebus 10-15 daun sirih dalam empat gelas air sampai tersisa setengahnya. Lalu gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur. Untuk hasil yang maksimal, berkumurlah dengan air rebusan daun sirih secara rutin.  

(Foto: indianexpress)

YesDok Ads