Diet
+1

Punya Masalah Kulit Kering? Makanan Ini Dapat Membantu

November 19, 2021 | Claudia

Kiwi

Menjaga kesehatan kulit, tak cukup hanya perawatan dari luar. Apa yang masuk ke dalam tubuh kita juga harus diperhatikan, karena akan berpengaruh dengan kesehatan dan penampilan kulit kita. Mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang akan membantu melindungi kulit, dan bahkan bisa melembapkan kulit.

Kulit merupakan organ terbesar yang dimiliki tubuh. Kulit bertugas melindungi seluruh tubuh dari ancaman eksternal, seperti bakteri, sinar UV, dan lain-lain. Mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang dapat menyediakan nutrisi yang dibutuhkan kulit, dan juga membantu mendukung fungsi perlindungan kulit.

Mengonsumsi makanan yang tidak sehat bisa mengubah fungsi kulit, dan juga menyebabkan munculnya masalah seperti kulit kering. Berikut ini adalah sejumlah makanan yang direkomendasikan untuk Anda yang ingin terbebas dari masalah kulit kering.

Hati sapi

Hati sapi adalah sumber vitamin A yang baik. Ini karena sapi menyimpan vitamin A di dalam hati mereka. Vitamin A adalah nutrisi penting yang dapat membantu mengatasi masalah kulit kering, karena mengandung retinoid dan karotenoid. Sifat-sifat ini dapat mengaktifkan jalur tertentu dalam tubuh yang secara langsung memengaruhi kulit.

Vitamin A dapat membantu memperbaiki kulit yang rusak akibat sinar UV dan mengurangi gejala psoriasis.

Buah kiwi

Buah kiwi adalah sumber vitamin C yang baik. Kekurangan vitamin C dapat berdampak buruk pada kulit, menyebabkan nyeri sendi, kekurangan zat besi, dan menyebabkan penyembuhan luka menjadi lambat.

Vitamin C memiliki manfaat kesehatan lain selain dapat menghidrasi kulit. Misalnya, mengonsumsi vitamin C secara rutin dapat menurunkan risiko terkena katarak dan mengurangi keparahan dari gejala pilek.

Biji bunga matahari

Biji bunga matahari adalah sumber vitamin E yang baik. Vitamin E adalah antioksidan yang dapat membantu mengatasi efek buruk akibat kerusakan dari sinar UV, seperti kulit kering dan pigmentasi. Menggabungkan konsumsi vitamin E dan vitamin C dapat membantu mengurangi peradangan di kulit.

Alpukat

Alpukat adalah sumber omega-3 yang baik. Kurangnya mengonsumsi omega-3 dapat menyebabkan masalah kulit kering, bersisik, dan dermatitis. Studi pada hewan pengerat di tahun 2015 menemukan bahwa mengonsumsi suplemen omega-3 selama periode 60 hari, dapat mengurangi rasa gatal dan meningkatkan hidrasi kulit.

(Foto: pinkvilla.com)

YesDok Ads