0 Point
Puasa tetap sehat

Puasa Tetap Sehat, Bagaimana Caranya?

Siapa yang sekalian diet saat puasa? Puasa memang sering dimanfaatkan bagi beberapa orang untuk menurunkan berat badan. Akan tetapi, jika dilakukan secara berlebihan, ini malah bisa memengaruhi kesehatan tubuh.

Diet boleh saja, namun pastikan Anda menjalani diet yang sehat selama berpuasa. Berikut ini merupakan beberapa tips menjaga kesehatan dan berat badan yang ideal selama bulan puasa:

Jangan batasi kalori

Saat berpuasa, Anda tidak perlu terlalu membatasi jumlah kalori yang Anda konsumsi. Puasa membuat Anda menahan lapar dan haus selama sekitar 12 jam lamanya. Untuk itu, Anda perlu kalori yang bisa menjadi energi selama berpuasa, dan untuk mengisi energi yang hilang selama berpuasa.

Konsumsi makanan bernutrisi tinggi

Kebiasaan “lapar mata” dan makan berlebihan saat berbuka perlu ditinggalkan! Fokuslah untuk mengonsumsi makanan bernutrisi yang bisa membantu menjaga tubuh tetap sehat selama berpuasa. Mencukupi kebutuhan nutrisi selama berpuasa selain memastikan Anda tetap sehat, juga dapat membantu mempertahankan massa tubuh dan kekuatan otot. Konsumsi semua makanan dalam jumlah yang cukup, sehingga kesehatan ataupun berat badan Anda tidak terpengaruh.

Jaga tubuh tetap terhidrasi

Kita tidak minum sekitar 12 jam lamanya saat berpuasa. Untuk itu, menjaga tubuh tetap terhidrasi sangatlah penting. Ingatlah, bahwa dehidrasi dapat membawa dampak negatif bagi tubuh, dan menjadi sumber dari banyak penyakit. Oleh karena itu, cukupi kebutuhan cairan Anda dengan minum kira-kira 2 liter air yang bisa dibagi 1 liter saat sahur dan 1 liter lagi saat berbuka dan makan malam.

Konsumsi lemak yang sehat

Lemak yang baik atau sehat akan membantu meningkatkan energi dan kekuatan otot, sehingga penting jika Anda memasukkan lemak baik ini ke dalam menu makanan atau berbuka puasa Anda. Buah alpukat bisa mengandung lemak sehat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Jangan melewatkan waktu makan

Anda telah berpuasa hampir sepanjang hari, untuk itu, pastikan Anda tidak melewatkan makan ketika waktu berbuka telah tiba. Sangat penting bagi Anda untuk makan tepat waktu agar dapat mengisi ulang energi dalam tubuh yang hilang selama berpuasa.

(Foto: psychologytoday.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok