0 Point
susu rendah lemak

Produk Susu Rendah Lemak Dapat Membantu Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Produk susu, terutama varian yang rendah lemak, dapat membantu menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2. Temuan ini berdasarkan meta-analisis baru yang dipresentasikan oleh para peneliti pada pertemuan tahunan Asosiasi Eropa untuk Studi Diabetes di Swedia.

Produk susu, terutama yogurt dan varietas rendah lemak lainnya, dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah

Menurut para peneliti, mengkonsumsi 200g/hari susu menurunkan risiko sebesar 10%. Sementara 200g/hari total produk susu mengurangi risiko sebesar 5%. Sedangkan 200g/hari susu rendah lemak menurunkan risiko sebesar 3%. Kemudian 100g/hari yogurt mengurangi risiko sebesar 6%. Serta konsumsi keju dan susu penuh lemak tampaknya tidak mempengaruhi risiko diabetes tipe 2.

Dr. Annalisa Giosuè, seorang dokter di Departemen Kedokteran Klinis dan Bedah di University of Naples Federico II di Italia dan penulis utama studi tersebut, menunjukkan bahwa karena produk susu kaya akan nutrisi dan vitamin, mereka mungkin secara positif mempengaruhi bagaimana tubuh memproses gula.

Megan Wroe, RD, CNE, CLEC, manajer kesehatan dan ahli diet terdaftar di Pusat Kesehatan di Pusat Medis Providence St. Jude di California, mengatakan bahwa generalisasi bahwa semua produk susu rendah lemak menurunkan risiko diabetes tipe 2 terlalu luas dari suatu pernyataan.

Wroe menjelaskan bahwa protein dan lemak dalam beberapa produk susu dapat membantu meminimalkan lonjakan gula darah dengan memperlambat penyerapan karbohidrat ke dalam aliran darah.

"Namun, kebutuhan kalori sangat individual sehingga seseorang yang perlu menurunkan berat badan dalam jumlah besar, misalnya, dapat menurunkan berat badan itu lebih efektif dengan susu rendah lemak dan rendah kalori tanpa lemak, dan menurunkan berat badan mengurangi risiko diabetes," kata Wroe. 

“Yang tidak disebutkan adalah kandungan gulanya. Yoghurt rendah lemak dengan tambahan gula untuk rasa berdampak risiko diabetes sangat berbeda dari yogurt rendah lemak biasa,” pungkasnya.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2023 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok