Produk Perawatan Kulit yang Memberikan Efek Anti Penuaan

December 05, 2022 | Helmi

produk perawatan kulit

Sejumlah produk perawatan kulit memiliki efek anti penuaan dan dapat membantu memperlambat beberapa efek merusak dari waktu pada kulit Anda. Jika Anda memiliki kulit yang lebih gelap, bicarakan dengan dokter Anda tentang opsi atau variasi perawatan yang paling sesuai untuk jenis kulit.

Berikut ini adalah sejumlah bahan dalam produk perawatan kulit yang memiliki efek anti penuaan dan bisa Anda gunakan.

1. SPF dengan Zinc

"Menggunakan SPF setiap hari - bahkan jika Anda tidak berada di luar ruangan - adalah cara terbaik untuk memperlambat penuaan kulit," kata Leslie Baumann, MD, penulis Cosmeceuticals and Cosmetic Ingredients.

Untuk produk tabir surya, mereka menyarankan yang juga mengandung zinc. "Zinc tidak mengiritasi kulit sensitif dan memiliki perlindungan UVA spektrum terluas," kata Jessica Wu, MD, asisten profesor klinis dermatologi di University of Southern California.

Sinar ultraviolet A atau UVA masuk lebih dalam ke kulit menyebabkan kerusakan DNA yang menyebabkan kulit kendur dan keriput, belum lagi kanker. 

Kulit gelap bukan berarti Anda bisa melewatkan tabir surya. Para ahli menyarankan SPF minimal 15 tidak peduli apa warna kulit Anda. Matahari tidak membakar kulit yang lebih gelap dengan mudah, tetapi masih bisa membakarnya dan juga menyebabkan kerusakan seperti bintik hitam, kerutan, dan kanker.

2. Retinoid

Ini adalah "bahan anti-penuaan No. 1 yang paling banyak dipelajari dan paling terbukti," kata Wu. Penelitian menunjukkan mereka meningkatkan kolagen Anda, protein yang membantu menjaga kekencangan kulit. Mereka juga mengurangi munculnya keriput dan mencegah yang baru.

"Setiap orang harus menggunakan retinoid," kata Baumann. Pada orang dengan kulit lebih gelap, retinoid bekerja sangat baik jika dikombinasikan dengan benzoil peroksida untuk mengobati jerawat.

3. Serum vitamin C

"Anda harus menggunakan vitamin C di bawah tabir surya untuk melindungi dari sinar matahari yang menembus tabir surya Anda," kata Baumann.

Tetapi pastikan Anda menemukan formula yang efektif. Carilah yang mengandung 15% vitamin C, dan pastikan itu dikemas dalam kemasan kedap udara, kata Wu. 

4. Asam lemak omega

Omega, khususnya omega-9, membantu meningkatkan kemampuan kulit untuk tetap lembap dan bertahan dari iritasi luar.

"Saya suka minyak argan sebagai pelembab," kata Baumann. "Itu tidak menyebabkan jerawat dan merupakan antioksidan yang hebat."

5. Suplemen antioksidan

Tidak semua perawatan kulit bekerja di permukaan. Dokter kulit juga menyarankan untuk menambahkan antioksidan ke dalam makanan Anda.

"Saya sangat percaya pada antioksidan untuk mencegah penuaan," kata Baumann. "Ketika Anda melihat penelitian yang menunjukkan peningkatan penampilan kulit, itu sangat menarik."

YesDok Ads