Pria, Jangan Sampai Abaikan Gejala-Gejala Ini

January 01, 2022 | Claudia

Masalah Kesehatan Pria

Menemukan benjolan yang mencurigakan atau rasa sakit yang tiba-tiba muncul? Jangan diabaikan! Kebanyakan pria enggan ke dokter untuk memeriksakan kondisi tubuh mereka, padahal ini penting sebagai langkah pencegahan dini.

Berikut ini merupakan beberapa gejala penyakit yang sebaiknya tidak diabaikan oleh pria:

Disfungsi ereksi

Disfungsi ereksi terjadi akibat sejumlah penyebab, salah satu yang paling umum adalah usia. Stres psikologis atau masalah hubungan kemungkinan besar menjadi penyebab disfungsi ereksi. Untuk itu, luangkanlah waktu untuk bersantai. Jika Anda merasa sulit untuk ereksi dalam situasi apa pun, maka kemungkinan besar penyebabnya adalah fisik. Jika disfungsi ereksi menetap selama lebih dari beberapa minggu, segera temui dokter.

Sering sembelit

Sembelit memang gangguan pencernaan umum, yang bisa terjadi pada semua orang. Namun, bagi sebagian orang, sembelit bisa menjadi kondisi kronis yang menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang signifikan. Pastikan Anda minum lebih banyak cairan dan berolahraga, namun jika sembelit terus berlanjut, maka segera periksakan kondisi tubuh Anda ke dokter.

YesDok Ads

Sulit menelan

Ada 50 pasang otot dan saraf yang digunakan untuk membantu Anda menelan, dan ada begitu banyak hal yang bisa menyebabkan masalah saat menelan. Ini bisa terjadi akibat refluks asam, hingga penyakit yang serius seperti kanker perut. Jika Anda kesulitan menelan makanan atau cairan dengan mudah, sebaiknya Anda memeriksakan diri Anda ke dokter.

Penurunan berat badan secara tiba-tiba

Penurunan berat badan secara tiba-tiba sering kali terjadi setelah adanya peristiwa yang traumatis dan penuh tekanan, seperti perceraian, kehilangan, putus cinta, atau karena gangguan makan seperti anoreksia atau bulimia. Penyakit tertentu juga bisa menyebabkan penurunan berat badan yang tidak diinginkan, ini termasuk depresi, tiroid yang terlalu aktif atau malah kurang aktif, dan kanker.

(Foto: medicalnewstoday.com)

YesDok Ads