Pria, Berhati-hatilah dengan 5 Penyakit Ini

March 21, 2019 | Claudia

Ketika tekanan stres meningkat, dan gaya hidup menjadi tidak sehat, saat itulah seseorang akan sangat rentan terhadap penyakit bahkan saat masih di usia muda. Seorang pria yang tak bisa menerapkan gaya hidup sehat di tengah himpitan stres, tentu tak bisa lepas dari bayang-bayang penyakit yang mengancam hidupnya.

Jika tak segera dicegah, masalah demi masalah kesehatan akan muncul dan membuat pria menderita. Salah satu penyakit yang paling banyak menyerang ialah penyakit jantung, namun kebiasaan menjalani gaya hidup tak sehat juga akan memberikan masalah lain pada tubuh pria.

Di bawah ini merupakan 5 penyakit yang paling sering menyerang pria jika mereka jauh dari pola hidup yang sehat:

Penyakit jantung

Penyakit jantung yang dapat menyerang pria dewasa tak sebatas pada serangan jantung, banyak masalah terkait jantung lainnya yang bisa menyerang secara tiba-tiba. Pria memang cenderung lebih banyak mengalami gangguan jantung jika dibandingkan dengan wanita. Ini bisa terjadi akibat kadar kolesterol LDL yang tinggi di dalam darah. Rutin memeriksakan diri ke dokter dapat membantu Anda terhindar dari masalah yang mematikan ini.

Stroke

Serangan jantung dan stroke bukanlah hal yang sama. Meski saling terkait, namun ada perbedaan antara stroke dan serangan jantung. Stroke terjadi ketika suplai darah ke otak terputus dan menyebabkan sel-sel di otak mulai kelaparan. Jika Anda memiliki hipertensi dan stres yang tinggi, ini akan menempatkan Anda pada risiko stroke yang tinggi.

YesDok Ads

Kanker paru

Kasus kanker paru memang lebih didominasi oleh pria. Jika wanita banyak mengalami kanker serviks dan payudara, maka pria lebih rentan terhadap kanker paru. Kebiasaan merokok pada pria bertanggung jawab akan penyakit ini. Selain itu, polusi dan gaya hidup tidak sehat juga memainkan peran besar terhadap munculnya penyakit ini.

Diabetes

Secara umum, diabetes lebih mudah menyerang pria dibandingkan wanita. Wanita setidaknya bisa merasa sedikit aman dari diabetes sampai ia mengalami menopause. Ini disebabkan oleh hormon reproduksi wanita, estrogen, yang dapat membantu mengatur kadar gula di dalam tubuh. Pria tidak memiliki cukup banyak estrogen yang mebuat mereka menjadi sasaran empuk bagi diabetes untuk berkembang.

Impotensi

Impotensi merupakan masalah kesehatan yang banyak mengancam pria dewasa. Berbagai gangguan seperti jumlah sperma yang sedikit, disfungsi ereksi, dan lain-lain dapat menurunkan kualitas hidup pria. Hal ini dapat terjadi jika gaya hidup tidak sehat terus dijalani, ditambah dengan tingkat stres yang tinggi.

(Photo source: bloglet.com)

YesDok Ads

Related Tags