0 Point
diet sehat

Porsi Makan Ideal Untuk Diet Sehat

Langkah tepat dalam menjalankan diet sehat adalah memerhatikan porsi makan yang ideal setiap harinya. Apalagi bagi Anda yang memiliki tujuan untuk menurunkan berat badan. Porsi makan dan jumlah asupan yang berlebihan tentu akan menggagalkan diet Anda.

Dalam menentukan porsi makan untuk diet agar lebih optimal, Anda tidak boleh abai dengan kondisi tubuh. Pola makan untuk diet dapat membantu Anda menciptakan pola makan padat nutrisi. Porsi makan ideal menurut Kemenkes adalah sumber karbohidrat dengan porsi 2/3 dari 1/2 piring. Lalu dilengkapi dengan lauk pauk dengan porsi 1/3 dari 1/2 piring. 

Untuk setengah piring lainnya diisi dengan proporsi sayur-sayuran dengan porsi 2/3 dan buah-buahan dengan porsi 1/3. Panduan makan sehat tersebut tidak hanya membuat kenyang, tetapi juga memastikan tubuh sehat dan cukup gizi.

Tips mudah untuk menentukan porsi makan untuk diet bisa dimulai dari gunakan piring atau tempat makan yang berukuran kecil. Sebuah studi menunjukkan tanpa disadari ukuran piring, sendok dan gelas bisa memengaruhi berapa banyak makanan yang dimakan. Dengan membiasakan makan menggunakan piring kecil, faktanya kebanyakan orang akan merasa kenyang setelah makan dari piring yang kecil seperti makan dengan piring yang besar.

Anda juga bisa mengukur porsi makan untuk diet dengan telapak tangan. Untuk makanan berprotein tinggi, untuk wanita satu porsi seukuran telapak tangan dan pria dua porsi seukuran telapak tangan. Untuk sayuran, satu porsi seukuran telapak tangan untuk wanita dan dua kepalan tangan untuk pria. Begitu juga untuk porsi makanan tinggi karbohidrat dan tinggi lemak.

Untuk aturan jam makan yang baik untuk diet yakni sarapan pukul 07.00-08.00 pagi. Selingan makan ringan sebelum makan siang pukul 10.00-11.00 pagi dan makan siang sekitar pukul 12.00-13.00 siang. Anda juga bisa ngemil sehat pukul 15.00-16.00 dan makan malam pukul 18.00-19.00 malam.

(Foto: paras hospital)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok