Polip Usus Halus: Pengertian, Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati

September 16, 2022 | Helmi

polip usus halus

Polip usus adalah pertumbuhan kecil pada lapisan dalam usus besar (kolon) atau usus halus. Polip usus sangat umum, mempengaruhi sekitar 1 dari 4 orang berusia 50 atau lebih.

Polip usus biasanya tidak menimbulkan gejala apa pun, sehingga kebanyakan orang dengan polip tidak akan tahu bahwa mereka mengalami kondisi tersebut. Untuk mengetahui hal ini diperlukan skrining khusus.

Gejala

Meski biasanya tidak menimbulkan gejala, ada beberapa tanda yang mungkin dialami penderita polip usus. Berikut ini beberapa gejala yang mungkin terjadi:

  • Sedikit lendir (lendir) atau darah di kotoran Anda (pendarahan dubur)
  • Diare atau sembelit
  • Sakit di perut Anda (sakit perut)
  • Risiko kanker usus

Polip biasanya tidak berubah menjadi kanker. Tetapi jika beberapa jenis polip (disebut adenoma) tidak diangkat, ada kemungkinan mereka akhirnya menjadi kanker. Dokter percaya bahwa sebagian besar kanker usus berkembang dari polip adenoma.

Tetapi sangat sedikit polip yang akan berubah menjadi kanker, dan dibutuhkan bertahun-tahun untuk hal ini terjadi. Karena risiko polip usus dapat berkembang menjadi kanker, dokter Anda akan selalu menyarankan agar penderita polip dirawat.

Perawatan untuk polip usus

Ada beberapa metode untuk mengobati polip. Prosedur yang paling umum melibatkan pengangkatan polip secara fisik menggunakan loop kawat.

Ini terjadi selama prosedur yang disebut kolonoskopi. Selama kolonoskopi, tabung fleksibel yang disebut kolonoskop dilewatkan melalui bagian bawah Anda dan naik ke usus Anda.

Kolonoskop memiliki kawat yang terpasang di mana arus listrik dilewatkan. Kawat digunakan untuk membakar atau memotong polip. Kedua metode ini tidak menimbulkan rasa sakit.

YesDok Ads

Meski jarang terjadi, pembedahan mungkin diperlukan untuk mengobati polip dengan membuang bagian dari usus. Ini biasanya hanya dilakukan ketika:

polip memiliki beberapa perubahan sel

polipnya sangat besar

ada banyak polip

Setelah polip diangkat, biasanya mereka dikirim ke spesialis di laboratorium, yang akan memberi informasi lebih lanjut seperti:

  • polip telah sepenuhnya dihilangkan
  • ada risiko tumbuh kembali
  • ada perubahan kanker pada polip

Jika ada perubahan kanker pada polip, Anda mungkin memerlukan perawatan lebih lanjut.

Penyebab polip usus

Penyebab pasti dari polip usus tidak diketahui. Diperkirakan mereka disebabkan oleh tubuh yang memproduksi terlalu banyak sel di lapisan usus. Sel-sel ekstra ini kemudian membentuk benjolan, yang merupakan polip.

Anda mungkin lebih mungkin mengembangkan polip usus jika:

  • anggota keluarga Anda menderita polip usus atau kanker usus
  • Anda memiliki kondisi yang mempengaruhi usus Anda, seperti kolitis atau penyakit Crohn
  • Anda kelebihan berat badan atau merokok
YesDok Ads