0 Point
Ibu hamil makan makanan sehat

Pola Makan Sehat Untuk Ibu Hamil

Tumbuh kembang si kecil dalam kandungan sangat dipengaruhi oleh asupan yang dikonsumsi ibu hamil. Memiliki pola makan yang baik adalah kunci kehamilan sehat. Itu mengapa penting bagi ibu hamil memerhatikan asupan nutrisi dan gizi yang akan dikonsumsinya.

Bila nutrisi tersebut dapat terpenuhi dengan baik maka janin akan berkembang dan tumbuh dengan baik pula. Berikut pola makan sehat untuk ibu hamil:

  • Jaga tubuh agar tetap terhidrasi. Perbanyak minum air putih minimal 8 gelas atau 2,5 liter per hari.
  • Variasikan menu makanan dengan nutrisi seimbang, pastikan asupan protein, lemak, serat dan lainnya.
  • Mengonsumsi vitamin prenatal seperti asam folat, kalsium, zat besi atau vitamin D.
  • Hindari mengonsumsi makanan yang tidak matang misalnya sushi atau steak rare.
  • Mengonsumsi makanan dengan porsi yang normal, bukan untuk dua orang. Ibu hamil disarankan untuk menambah asupan kalori sekitar 180-450 kalori setiap harinya.
  • Ibu hamil boleh makan lebih sering dengan porsi yang lebih sedikit.
  • Jangan diet selama hamil. Kalau pun harus menjaga berat badan agar tidak melonjak naik harus dalam pantauan dokter.
  • Pilihlah camilan sehat seperti buah-buahan atau biskuit susu yang mengandung kalsium.

Selain hal-hal diatas, ibu hamil sebaiknya mengonsumsi makanan yang diolah sendiri agar kebersihannya terjamin. Mengolah makanan sendiri juga adalah cara terbaik untuk menjaga kualitas bahan-bahan yang masuk ke dalam tubuh. Cuci bersih bahan makanan yang akan diolah terutama buah dan sayuran yang bisa mengandung toksoplasma.

Pisahkan penyimpanan antara makanan mentah dan siap santap untuk menghindari kontaminasi. Tidak lupa pula untuk menjaga alat masak dan alat makan tetap bersih. Batasi asupan garam dan MSG karena dapat meningkatkan tekanan darah.

Bagi ibu hamil yang mengidap penyakit tertentu seperti diabetes, harus berkonsultasi dengan dokter mengenai apa saja pantangan makanan yang sesuai untuk dikonsumsi. Informasi seputar masalah kesehatan serta kehamilan bisa Anda tanyakan pada dokter terpercaya di aplikasi YesDok. 

(Foto:  all about women)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok