Diet
+1

PMS Mengganggu? Usir dengan 3 Makanan Ini

April 11, 2019 | Claudia

Setiap bulannya, banyak wanita mengalami Pre-Menstrual Syndrome (PMS). Banyak sekali hal-hal yang terjadi selama masa-masa PMS, seperti perubahan mood, perubahan pada nafsu makan, payudara terasa sakit, muncul jerawat, mual, kembung, dan masih banyak lagi.

Semua hal ini harus dilewati para wanita saat memasuki masa-masa PMS. Namun, jangan dulu kesal, Anda bisa meringankan gejala-gejala PMS ini dengan hanya mengonsumsi beberapa makanan.

Jadi, makanan apa saja yang bisa membantu Anda berjuang di masa PMS? Berikut ulasannya!

Dark chocolate

Untuk Anda yang suka cokelat, maka ini menjadi satu kabar gembira untuk Anda. Memakan dark chocolate dapat meringankan gejala PMS yang Anda alami dalam berbagai cara. Antioksidan di dalamnya dapat memicu dinding pembuluh darah untuk lebih relaks, sehingga dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi. Mengonsumsi dark chocolate juga diketahui dapat menurunkan kadar hormon pemicu stres.

Gejala PMS lainnya seperti kembung, kelelahan, depresi dan mudah tersinggung juga dapat diusir dengan rutin mengonsumsi dark chocolate. 

YesDok Ads

Alpukat

Alpukat dapat sangat bermanfaat untuk mengusir kembung, nafsu makan berlebih dan kram otot. Ini karena alpukat mengandung kalium, mineral bersifat diuretik yang dapat menyingkirkan kelebihan sodium dan cairan dari tubuh Anda. Kalium juga dapat melindungi Anda dari kram otot dan membuat Anda mudah kenyang sehingga menghindari nafsu makan berlebih.

Sarden

Peneliti dari University of Massachusetts mempelajari wanita dengan rentang usia 27 hingga 44 tahun. Ditemukan bahwa mereka yang memiliki asupan vitamin D dan kalsium lebih tinggi memiliki riskio lebih rendah mengembangkan gejala PMS. Tak perlu susah-susah, sarden dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan akan vitamin D dan kalsium. Sarden juga mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membantu mengurangi gejala PMS seperti kembung, sakit kepala, nyeri di bagian payudara, depresi, gugup, cemas dan kurangnya konsentasi.

(Photo source: odishasuntimes.com)

YesDok Ads

Related Tags