Pisang Mentah Juga bisa Dikonsumsi Karena Memiliki Banyak Manfaat

June 29, 2019 | Iman

Pisang adalah salah satu buah sehat dan bergizi yang mudah didapatkan dan dinikmati orang setiap saat. Biasanya, pisang dimakan dalam bentuk matang, tetapi pisang dalam keadaan mentah pun sebenarnya bisa dimakan tetapi setelah dimasak. Pisang mentah dimakan dengan cara digoreng, direbus atau ditumis. Pisang dalam keadaan mentah adalah sumber serat, vitamin, mineral dan pati resisten yang baik meskipun memiliki rasa yang kurang manis dibandingkan dengan pisang matang.

Berikut Manfaat Kesehatan Pisang Mentah seperti dilansir laman Boldsky.

Menurunkan Berat Badan

Pisang mentah mengandung dua jenis pati yang tahan serat dan pektin yang keduanya meningkatkan rasa kenyang setelah makan.

Kendalikan diabetes

Menurut sebuah penelitian, kedua pati resisten dan pektin yang ada dalam pisang mentah dapat membantu mengendalikan gula darah setelah makan. Pisang mentah juga memiliki indeks glikemik (GI) yang sangat rendah, dan ini dapat membantu dalam menurunkan kadar glukosa darah.

Meningkatkan kesehatan jantung.

Pisang mentah mengandung pati resisten tinggi yang dapat membantu menurunkan kolesterol plasma dan konsentrasi trigliserida, sehingga berkontribusi terhadap kesehatan jantung. Pisang mentah juga mengandung jumlah kalium yang baik sehingga membantu menjaga tekanan darah Anda tetap terkendali.

Meningkatkan kesehatan pencernaan

YesDok Ads

Pati dan pektin yang resisten dalam pisang mentah berfungsi sebagai prebiotik yang memberi makan bakteri baik di dalam usus. Bakteri tersebut memfermentasi kedua jenis serat ini, menghasilkan butirat dan asam lemak rantai pendek lainnya yangdapat membantu mengobati berbagai masalah pencernaan.

Mencegah dan mengobati diare

Kandungan pati dan pektin yang tinggi dalam pisang mentah dapat membantu mengobati dan mencegah diare, dimana pada prosesnya kandungan tersebut membantu dalam pengerasan tinja dan melawan bakteri yang menyebabkan diare.

Membantu penyerapan zat besi

Kekurangan zat besi dan anemia saat ini sudah mempengaruhi sebagaian besar masyarakat di dunia. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Food and Nutrition Research menunjukkan bahwa, pisang  baik dalam keadaan mentah dan matang dapat membantu meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh.

(Foto: organiscfact.net)

YesDok Ads