Pilihan Minuman Sehat yang Bisa Meningkatkan Zat Besi

January 12, 2023 | Helmi

meningkatkan zat besi

Zat besi adalah nutrisi penting yang dapat mendukung kesehatan Anda secara keseluruhan. Fungsi vitalnya adalah untuk memastikan fungsi hemoglobin yang tepat. 

Kekurangan zat besi umumnya dikenal dengan anemia. Ini dapat menyebabkan gejala seperti tingkat energi rendah, kelelahan, konsentrasi buruk, dan kulit pucat. 

Menambahkan cukup makanan kaya zat besi ke dalam diet Anda adalah salah satu cara terbaik untuk memastikan kadar zat besi yang cukup dalam tubuh. Zat besi secara alami ada dalam beberapa makanan yang dapat ditambahkan ke dalam diet Anda dengan mudah. 

Anda bisa menyiapkan beberapa minuman mengandung zat besi yang tidak hanya mudah disiapkan tetapi juga nikmat untuk dikonsumsi. Berikut beberapa minuman yang dapat meningkatkan zat besi yang bisa Anda coba.

1. Jus hijau

Jus hijau dapat membantu Anda meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh. Lemon, peterseli, pir, bayam, dan seledri adalah beberapa bahan umum jus hijau yang dapat membantu Anda mengatasi kekurangan zat besi.

Anda juga bisa menambahkan beberapa buah yang kaya vitamin C ke dalam jus ini untuk penyerapan zat besi yang lebih baik dalam tubuh.

2. Jus prune

Plum dalam bentuk kering dikenal sebagai prune. Tersedia juga dalam bentuk jus. Jus prune sarat dengan beberapa nutrisi penting termasuk zat besi. Seringkali dianjurkan untuk mencegah dan mengendalikan kekurangan zat besi.

YesDok Ads

Bukan hanya zat besi, jus prune juga merupakan sumber potasium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

3. Smoothie bayam dan nanas

Smoothie dapat membantu Anda menggabungkan beberapa bahan bergizi. Bayam adalah sumber zat besi yang bagus yang bisa dikombinasikan dengan nanas. 

Menambahkan nanas akan meningkatkan kandungan vitamin C pada smoothie serta rasanya. Anda juga bisa menambahkan lemon atau jeruk jika diperlukan.

4. Smoothie buah delima dan kurma

Delima adalah sumber zat besi dan juga vitamin C. Kurma juga mengandung zat besi. Oleh karena itu, menggabungkan kedua sumber zat besi ini bisa menjadi ide yang bagus.

Sangat penting untuk mengkonsumsi cukup vitamin C dengan sumber zat besi. Vitamin C bertanggung jawab untuk penyerapan zat besi dalam tubuh.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

YesDok Ads