Pilihan Makanan Sehat Sesuai dengan Jenis Kulit Anda

September 30, 2021 | Helmi

makanan

Makanan yang Anda konsumsi ternyata berpengaruh banyak pada kesehatan Anda. Bahkan, makanan yang Anda makan juga bisa berpengaruh pada kulit Anda.

Sebuah tinjauan terhadap studi dan uji klinis selama 10 tahun, yang diterbitkan dalam International Journal of Dermatology pada bulan Februari, menyimpulkan bahwa makanan dengan indeks dan beban glikemik tinggi, beberapa produk susu, makanan cepat saji, cokelat, dan asupan sayuran mentah yang rendah, semua berhubungan dengan jerawat. 

Namun, konsumsi buah dan sayur lebih dari tiga hari dalam seminggu, begitu juga dengan konsumsi ikan, terbukti memiliki peran protektif dari kulit terhadap jerawat.

“Kulit Anda adalah cerminan dari usus Anda. Ini adalah organ terbesar dalam tubuh, dan merupakan cerminan murni dari apa yang ada di dalam usus Anda,” kata Pooja Makhija, ahli gizi klinis dan penulis N for Nourish. 

“Kulit Anda akan sama iritasinya dengan usus Anda. Baik itu jerawat, kemerahan, pigmentasi, atau pori-pori tersumbat semuanya terjadi dari usus yang buruk. Tidak ada perawatan atau produk kulit yang dapat mengubah kulit Anda sampai Anda mengubah pola makan Anda,” sambungnya.

Ahli gizi klinis dan pendiri Simply Healthy Diets Mitun De Sarkar setuju. “Kadang-kadang Anda mungkin mendapatkan jerawat di dahi, (yang berarti) hati Anda yang perlu diperhatikan. Kemerahan atau jerawat di bawah mata adalah tanda ginjal meminta bantuan. Di pipi, pencernaan Anda yang bermasalah. Dan jika itu adalah dagu Anda, maka kemungkinan itu adalah ketidakseimbangan hormon. Tetapi semuanya terkait dengan usus Anda pada akhirnya, ”katanya.

Berikut adalah rekomendasi De Sarkar dan Makhija untuk membantu Anda makan sesuai dengan jenis dan masalah kulit Anda.

Alpukat dan antioksidan untuk kulit berminyak

Kulit berminyak rentan terhadap jerawat, jadi garis pertahanan pertama Anda adalah hidrasi. Minum air yang dicampur dengan mentimun, lemon dan mint untuk menjaga kulit tetap lembab, bebas minyak dan bercahaya. 

Makanan dengan antioksidan dan kandungan air yang tinggi, seperti mentimun dan semangka, yang juga memiliki likopen, melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. 

Jeruk, jeruk bali, stroberi, dan kiwi dikemas dengan vitamin C yang dapat mendetoksifikasi hati dan menghilangkan sifat berminyak pada kulit. 

Brokoli dan sayuran berdaun hijau meningkatkan pencernaan (pencernaan yang buruk adalah salah satu penyebab utama kulit berminyak yang rentan jerawat).

Anda juga bisa mengkonsumsi lemak sehat dari alpukat, kenari, dan salmon. Ini menyediakan asam lemak omega-3 esensial yang menjinakkan peradangan dan mencegah pembentukan jerawat.

Kelapa dan kolagen untuk kulit kering

YesDok Ads

Kulit kering mudah teriritasi, sensitif dan merah, terutama saat terkena kondisi cuaca ekstrim seperti musim dingin yang keras, musim panas yang terik dan bahkan AC yang berlebihan. 

Semua ini dapat menghilangkan nutrisi kulit dan membuat kulit dehidrasi, seperti halnya berada di luar ruangan tanpa menggunakan tabir surya.

Hidrasi sangat penting. Air kelapa menyediakan elektrolit alami. Alpukat dan kacang-kacangan dan biji-bijian yang direndam, seperti almond, kenari, pecan, chia, rami, wijen dan biji labu, memberikan kulit dengan lemak sehat dan antioksidan yang dibutuhkan untuk tetap sehat.

Lemak jenuh seperti minyak kelapa dapat digunakan untuk memasak. Minyak kelapa mengandung asam laurat dan kaprilat, yang membantu melawan peradangan dan meningkatkan lapisan pelindung kulit dengan membantu menjebak kelembapan di dalamnya.

Telur rebus, yang mengandung belerang dan lutein, dan ikan seperti salmon, tuna, dan mackerel, yang menyediakan protein kolagen dan keratin pada kulit, semuanya membantu kulit mengunci kelembaban dan mempertahankan elastisitasnya.

Smoothie sayuran segar dengan bayam, kangkung, beri, delima, tomat, dan gooseberry akan menghidrasi dan mengencangkan kulit kering, berkat kandungan vitamin C-nya yang tinggi.

Buah dan sayuran untuk penuaan kulit

Jambu biji, blueberry, paprika merah, pepaya, brokoli, dan bayam bayi semuanya akan bekerja dengan sangat baik karena masing-masing makanan ini memiliki nutrisi khusus yang memberi nutrisi pada kulit dengan mineral penting.

Selain itu, delima memiliki urolithin A dan punicalagin, yang meremajakan kulit sekaligus memulihkan dan mempertahankan kolagennya. Ubi jalar (untuk dimakan dengan kulitnya) memiliki beta karoten, yang mengembalikan elastisitas kulit.

Diet yang kaya akan makanan ini tidak hanya akan membantu membersihkan kulit dan mengurangi peradangan, tetapi juga menstabilkan metabolisme dan meningkatkan pencernaan.

Jus sayuran dan protein tanpa lemak untuk kulit berpigmen

Kulit berpigmen bisa disebabkan oleh faktor-faktor seperti ketidakseimbangan hormon, dehidrasi, kekurangan zat gizi mikro, kekurangan protein atau kurang tidur. 

Minum dua hingga tiga liter air setiap hari, tambahkan segelas jus sayuran ke dalam diet harian Anda, pastikan Anda mengonsumsi protein tanpa lemak yang cukup untuk memastikan keausan kulit yang baik dan tidur enam sampai tujuh jam setiap malam.

YesDok Ads