Pilihan Makanan dan Minuman untuk Kembalikan Elektrolit yang Hilang

August 24, 2021 | Helmi

coconut

Buah-buahan, susu, dan unggas adalah sumber elektrolit yang baik seperti kalium, natrium, kalsium, dan magnesium

Elektrolit membantu Anda tetap terhidrasi, bersama dengan banyak fungsi penting lainnya yang membuat Anda tetap berenergi dan bersemangat.

Jika Anda ingin mengisi kembali elektrolit Anda, ada banyak cara untuk mengembalikannya ke kondisi normal.

Elektrolit sangat penting untuk mengatur jumlah air dalam tubuh Anda, yang membantu segalanya mulai dari respons saraf hingga kontraksi otot, kata Kelly Jones MS, RD, CSSD, LDN, ahli gizi di Kelly Jones Nutrition.

Tapi mudah untuk menjadi kekurangan elektrolit jika Anda baru saja menyelesaikan latihan yang intens, atau sakit dan memiliki gejala yang meliputi muntah dan diare.

Jika ketidakseimbangan elektrolit Anda parah, dapat menyebabkan kram otot dan kedutan, kelemahan, aritmia jantung, kelumpuhan, dan dalam kasus ekstrim, kematian melalui serangan jantung.

Ada banyak cara untuk mendapatkan elektrolit yang dibutuhkan tubuh Anda melalui makanan dan minuman. Berikut adalah beberapa makanan dan minuman yang dapat membantu Anda mengisi kembali cadangan elektrolit Anda.

Air kelapa tanpa pemanis

Satu cangkir air kelapa memiliki sekitar 350 mg potasium atau sekitar 13% dari nilai harian yang dibutuhkan tubuh Anda (DV). Air kelapa juga sangat mudah didapatkan dengan harga yang relatif terjangkau.

Makan pisang

Pisang adalah sumber elektrolit yang luar biasa berkat kadar potasiumnya yang tinggi. Pisang khas memiliki 422 mg (16% DV) potasium. 

YesDok Ads

Tambahkan tambahan protein dengan mengoleskan selai kacang pada pisang Anda, atau menambahkan serat dengan memasukkannya ke dalam oatmeal Anda.

Konsumsi produk susu

Produk susu merupakan sumber kalsium dan natrium yang baik. Dalam 100 mL susu, ada sekitar 199 mg (20% DV) kalsium dan 281 mg (10% DV) kalium.

Keju juga menawarkan lebih banyak lagi elektrolit untuk Anda. Dalam satu ons keju parmesan, ada sekitar 336 mg (33% DV) kalsium dan 26,1 mg (2% DV) natrium.

Sementara kalsium umumnya dikaitkan dengan produk susu, kacang-kacangan, produk kedelai, almond, dan bok choy juga merupakan sumber mineral yang sangat baik, kata Jones.

Konsumsi Daging Putih dan Unggas

Orang bisa mendapatkan elektrolit dengan makan daging putih dan unggas. Dalam 100 gram daging kalkun putih, terdapat 349 mg (12% DV) kalium dan 1200 mg (52% DV) natrium. 

Sumber lain dari termasuk kerang, kacang-kacangan dan lentil, dan biji rami, kata Jones.

Makan alpukat

Alpukat lebih dari sekadar buah biasa, karena buah ini merupakan sumber potasium yang luar biasa. Dalam satu alpukat standar, ada 660 mg (22% DV) potasium.

Cobalah alpukat di atas roti panggang dengan taburan keju untuk camilan atau sarapan yang kaya elektrolit.

YesDok Ads