Diet
+1

Pilihan Lain Karbohidrat Selain Nasi

October 10, 2019 | Kaifia

Karbohidrat berfungsi menjadi sumber energi yang setiap gram mengandung 4 kalori. Selain itu karbohidrat juga berperan sebagai glikogen untuk hati dan jaringan otot. Karbohidrat mampu mengoptimalkan fungsi dari protein sebagai zat pembangun tubuh. Anda yang selama ini terlalu mengagumi nasi sebagai sumber karbohidrat, tidak ada salahnya mencoba berbagai macam makanan kaya karbohidrat dibawah ini sebagai pengganti nasi 

Kentang rebus

Kentang adalah salah satu jenis umbi-umbian yang memiliki karbohidrat cukup tinggi. Kentang memiliki kandungan pati, yang menimbulkan rasa kenyang dan juga menghasilkan 110 kalori setiap satu buah. Hal yang perlu Anda ketahui adalah bila digoreng, kentang hanya akan mengandung karbohidrat sebesar 27%. Sedangkan penyajian dalam bentuk direbus, akan memberikan karbohidrat yang lebih besar, yaitu sebesar 35%.

Beras merah

Beras merah mengandung magnesium, zat besi, vitamin B, vitamin B2, vitamin B3 dan vitamin B6. Beras merah juga bisa mengurangi kolesterol jahat (LDL) tanpa mengurangi kolesterol baik (HDL). 

Ubi jalar

YesDok Ads

Ubi jalar mengandung karbohidrat sekitar 20,12 gram per buahnya atau 55 gram karbohidrat sekaligus 240 kalori per 8 ons. Ubi jalar sangat baik untuk penderita diabetes, maag, radang sendi, hingga yang memiliki masalah dengan berat badan. Dalam ubi jalar Nutrisi yang terkandung di dalamnya adalah serat, mangan, tembaga, potasium, zat besi, vitamin A, vitamin C dan vitamin B6. Ubi jalar juga kaya akan beta-karoten yang merupakan antioksidan yang banyak ditemukan pada sayuran berdaun hijau.

Jagung

Kandungan asam folat dalam jagung baik untuk kesehatan. Jagung juga merupakan makanan yang mudah diolah, bisa dijadikan nasi jagung, diolah menjadi sayur atau hanya di rebus atau di bakar. Dibanding nasi, kandungan gula dalam jagung jauh lebih rendah, sehingga sangat disarankan sebagai alternatif makanan bagi penderita diabetes.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kedelai, kacang merah, kacang panjang, kacang hijau, bunci, dan polong, berkat kandungan karbohidrat yang komplek, kacang-kacangan ini membuat perut Anda kenyang lebih lama.

(Foto: health.com)

YesDok Ads