Pilihan Diet yang Cocok Bagi Penderita PCOS

March 21, 2021 | Kaifia

kacang polong

Sindrom polikistik ovarium atau yang dikenal dengan polycystic ovarian syndrome (PCOS) merupakan suatu kondisi yang menyebabkan gangguan hormon dan metabolisme yang terjadi pada wanita di masa subur.

Gejala PCOS berkembang seiring waktu dan ditandai dengan waktu menstruasi pertama selama masa pubertas.

Wanita dengan kondisi ini cenderung memiliki periode menstruasi yang tidak teratur dan kelebihan hormon androgen dari pria.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa pilihan diet yang cocok bagi PCOS mampu mengendalikan gejala dan pengaruh kondisi ini terhadap wanita di usia subur.

Menerapkan diet yang memenuhi kebutuhan seseorang, menjaga berat badan yang sehat serta meningkatkan kadar insulin yang baik dapat membantu penderita PCOS dalam mengontrol gejalanya.

Jenis diet makanan yang wajib diterapkan

Diet rendah glikemik

YesDok Ads

Selain diet ini mudah dicerna oleh tubuh dan tidak dapat menyebabkan insulin naik secepat makanan lainnya. Makanan dalam diet jenis ini termasuk biji-bijian, polong-polongan, buah-buahan dan sayuran tidak bertepung (bayam, brokoli dan wortel).

Diet anti inflamasi

Diet adalah jenis diet yang mewajibkan seseorang untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan seperti sayuran hijau, beri, serta ikan berlemak.

Selain itu, makanan dengan serat tinggi membantu melawan resistensi insulin dengan memperlambat pencernaan dan bermanfaat bagi wanita dengan PCOS. 

Perubahan gaya hidup

Selain penerapan pilihan diet yang sehat bagi PCOS, perubahan gaya hidup juga perlu ditingkatkan dengan rutin beraktivitas fisik. Dengan berolahraga secara teratur diseimbangi dengan diet, hal tersebut mampu mengurangi resistensi insulin.

Mengatasi stres juga diperlukan untuk menenangkan pikiran dan tubuh.

YesDok Ads