Pilek dan Alergi, Ini Beda Gejalanya

October 08, 2021 | Kaifia

Pilek

Pilek dan alergi adalah kondisi umum yang memengaruhi anak-anak dan orang dewasa. Kedua kondisi tersebut mungkin memiliki beberapa gejala yang sama, namun mereka adalah penyakit yang berbeda. 

Pilek biasa umumnya disebabkan oleh virus, sedangkan alergi musiman disebabkan respons sistem kekebalan tubuh yang dipicu oleh paparan alergen, seperti serbuk sari.

Perbedaan

Tingkat gejala pilek bisa bervariasi atau berbeda bagi setiap orang.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa terjadi saat Anda mengalami pilek biasa

  • Gejala pilek bisa termasuk sakit tenggorokan, batuk, bersin dan hidung tersumbat
  • Keparahan gejala dapat menyebabkan sakit kepala dan demam
  • Pemulihan dari pilek biasanya cepat
  • Jika gejala berlangsung selama lebih dari dua minggu, hal tersebut dapat menandai penyakit yang serius seperti pneumonia atau bronkitis

Sedangkan alergi tidak disebabkan oleh virus dan tidak menular. Alergi berkembang ketika sistem kekebalan tubuh memiliki reaksi atau respon tertentu terhadap zat tertentu seolah-olah itu berbahaya. Saat seseorang terpapar oleh pemicu alergi tersebut yang dikenal oleh alergen, sistem kekebalan Anda melepaskan bahan kimia yang disebut histamin. Pelepasan histamin tersebut yang menyebabkan gejala alergi.

YesDok Ads

Alergi cenderung menyebabkan gejala seperti berikut ini

  • Mengi
  • Ruam kulit
  • Mata terasa gatal

Biasanya, pilek biasa tidak dapat menyebabkan ruam pada kulit atau mata yang gatal. 

Pengobatan 

Perawatan untuk pilek biasanya termasuk istirahat dan mencukupi asupan cairan. Selain itu, ada beberapa obat-obatan yang tersedia untuk meredakan gejala. Obat tersebut termasuk dekongestan yang bertujuan untuk mengurangi hidung tersumbat dan obat penghilang rasa sakit untuk sakit tenggorokan.

Alergi dapat diobati dengan dekongestan. Obat-obatan yang mengandung antihistamin digunakan untuk mengobati alergi. Antihistamin memblokir efek histamin, senyawa yang mampu menyebabkan gejala alergi.

YesDok Ads