Pesawat Sriwijaya Air Jatuh, Begini Tips Mengatasi Takut Naik Pesawat

January 11, 2021 | Helmi

flight phobia

Kabar duka datang di awal tahun setelah pesawat Sriwijaya Air SJ182 dipastikan jatuh di sekitar wilayah Kepulauan Seribu. Tidak heran jika insiden ini membuat beberapa orang menjadi takut untuk terbang menggunakan pesawat.

Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan rasa takut untuk Anda terbang dengan pesawat. Ini bisa disebabkan oleh satu pengaruh langsung atau kombinasi faktor.

Pengaruh langsung dapat berupa penerbangan yang sangat buruk yang Anda alami atau hubungan dengan seseorang yang mengalami insiden penerbangan atau peristiwa penerbangan yang traumatis.

Jika Anda merasa takut terbang, tips berikut dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan Anda pada penerbangan berikutnya.

Temukan fokus.

Silangkan pergelangan kaki Anda dan silangkan tangan Anda di depan dada Anda. Tarik napas dalam-dalam sambil hilangkan gangguan stres.

Antisipasi kecemasan Anda.

Lakukan latihan kesadaran dan meditasi setiap hari selama satu atau dua minggu sebelum penerbangan.

Cari hal yang menenangkan.

YesDok Ads

Temukan hal-hal yang membantu Anda tetap fokus dan tidak terlalu cemas. Dengarkan musik yang menenangkan. Makan camilan yang Anda sukai tetapi juga membuat Anda merasa nyaman. Jauhi makanan yang mengandung gula, yang merupakan stimulan.

Hindari pemicu cemas.

Rasa cemas dapat meningkat ketika kecemasan umum meningkat. Mungkin berguna untuk menghilangkan elemen pemicu kecemasan tambahan seperti minuman mengandung kafein, minuman energi, dan stimulan lainnya.

Temukan ketakutan Anda.

Apakah Anda takut kehilangan kendali? Apakah itu ketakutan akan kematian? Apakah itu klaustrofobia? Pemicu yang berbeda membutuhkan hal yang berbeda untuk membantu menenangkannya. 

Jika fakta tentang keselamatan penerbangan akan membuat Anda merasa lebih baik, bacalah sebelum naik. Jika klaustrofobia adalah pemicunya, bicarakan dengan maskapai penerbangan Anda tentang naik lebih awal atau mendapatkan tempat duduk yang Anda inginkan.

Lepaskan rasa takut.

Banyak orang dengan ketakutan terbang juga memiliki masalah kontrol. Pikirkan tentang melepaskan kendali situasi kepada pilot, seorang profesional terlatih dengan waktu terbang ribuan jam sehingga Anda akan terbang dengan aman dan nyaman.

(Foto: newsweek)

YesDok Ads