Perut Terasa Panas, Mengapa?

April 24, 2020 | Claudia

Perut panas

Banyak masalah yang sering terjadi di perut, misalnya saja perut yang sering terasa panas. Ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya masalah ini, salah satunya adalah konsumsi makanan pedas berlebihan. Tak hanya itu, beberapa makanan seperti daging, udang, kacang-kacangan, dan minum-minuman panas seperti minuman beralkohol, anggur, dan juga kopi, bisa membawa pengaruh buruk untuk perut Anda.

Saat perut Anda terasa panas, Anda tidak boleh menganggap enteng dan harus mengatasinya segera. Beberapa gejala yang juga akan turut muncul saat perut terasa panas yakni haus, mulut kering, dan bahkan sembelit. Anda bahkan akan kehilangan nafsu makan saat mengalami kondisi ini, dan perut terus terasa kenyang meskipun Anda hanya makan sedikit makanan.

Semua ini terjadi akibat tidak adanya cukup asam di perut untuk memproses makanan. Jika tidak segera diatasi, masalah ini akan menjadi kronis dan menyebabkan masalah kesehatan lainnya seperti demam.

Panas di perut dapat menyebabkan nyeri lambung yang kemudian menimbulkan sensasi terbakar. Saat kondisi ini terjadi, sejumlah masalah seperti penyakit asam lambung dan gastritis juga akan muncul. Anda juga bisa terus merasa lapar, sebab perut yang terasa panas membakar energi dengan cepat dan dapat mencerna makanan dengan mudah.

Pada gilirannya, panas di perut yang tidak segera diatasi dapat menimbulkan sejumlah masalah, seperti mual, muntah, gusi berdarah, bau mulut, dan nyeri di gusi.

YesDok Ads

Jika Anda tak mau terus terjebak dalam kondisi ini, maka cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan berhenti mengonsumsi makanan pedas dan minuman yang panas. Anda perlu mendinginkan perut Anda dengan mengonsumsi sejumlah makanan yang dapat menyejukkan kondisi perut, seperti selada, mentimun, avokad, dan bayam.

Tak hanya sayuran, buah-buahan seperti mangga, pisang, dan nanas, juga bisa Anda andalkan untuk mengatasi kondisi perut yang panas. Anda juga bisa mencegah naiknya asam lambung dengan mengonsumsi jus buah dan sayuran.

Selain konsumsi makanan yang segar dan sehat, melakukan latihan pernapasan dalam juga dapat mencegah timbulnya panas di perut. Ambil napas dalam-dalam sampai ke perut, kemudian cobalah untuk mulai melakukan pernapasan perut. Bayangkan lagi bahwa napas yang Anda ambil dapat menyejukkan perut Anda. Rasakan kesegaran dan sejuknya udara yang Anda ambil di perut. Ini juga dapat mengurangi risiko masalah jantung pada diri Anda.

(Foto: perfectketo.com)

YesDok Ads