0 Point
Seorang wanita sedang alami nyeri haid

Perut Sering Nyeri Saat Datang Bulan? Ini Solusinya!

Kebanyakan wanita kerap mengalami rasa nyeri saat sedang datang bulan. Perlu Anda ketahui bahwa hal ini merupakan hal yang wajar ketika masa menstruasi datang. 

Selama masa datang bulan, rahim berkontraksi untuk menekan lapisan dari dinding rahim dan membiarkannya keluar dari tubuh melalui vagina.

Kontraksi yang terjadi ini mampu memicu rasa nyeri atau ketidaknyamanan. Maka, banyak wanita yang melaporkan bahwa mereka alami kram perut saat sedang datang bulan. 

Rasa nyeri dari perut tersebut bisa menjalar ke punggung bagian bawah bahkan hingga ke selangkangan dan paha bagian atas. Kram menstruasi cenderung terasa nyeri paling hebat saat awal periode menstruasi dimulai serta menyebabkan ketidaknyamanan seiring waktu. 

Jika nyeri haid telah mengganggu Anda setiap bulan, Anda dapat mengambil beberapa langkah yang tepat untuk meredakannya.

Pengobatan rumahan

Letakkan kompres hangat diatas perut

Salah satu cara efektif untuk mengurangi rasa nyeri haid yaitu dengan menempatkan kompres hangat pada bagian perut yang terasa sakit. Anda juga bisa letakkan botol air panas atau bantal pemanas agar mengendurkan otot.

Sensasi panas membantu otot rahim dan sekitarnya menjadi rileks. 

Pijat area perut dengan minyak esensial 

Minyak esensial atau minyak atsiri dikenal dengan kandungannya aromatiknya yang dapat merilekskan tubuh dan pikiran. 

Penelitian menunjukkan bahwa beberapa minyak esensial berperan dalam meredakan rasa nyeri akibat haid ketika dipijat pada area tubuh yang terasa nyeri. 

Berikut adalah beberapa jenis minyak esensial yang paling efektif untuk mengurangi kram menstruasi

  • Minyak lavender
  • Minyak sage
  • Minyak peppermint
  • Minyak mawar

Lakukan olahraga ringan

Intensitas aktivitas fisik yang rendah seperti jalan kaki atau yoga dapat membantu meredakan kram haid. Olahraga melepaskan endorfin, dimana merupakan pereda nyeri alami. 

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok