Perubahan Pola Makan Ini Bisa Bantu Anda Turunkan Kolesterol

June 22, 2022 | Helmi

Ilustrasi makan

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan berbagai komplikasi terkait jantung dan dapat memperburuk kesehatan secara keseluruhan. Gaya hidup kita dan apa yang kita makan memiliki dampak besar pada kadar kolesterol. 

Jika Anda menderita kolesterol tinggi, Anda harus lebih memperhatikan apa yang Anda makan. Pada artikel ini, kami membahas beberapa perubahan pola makan yang mudah diikuti dan dapat Anda terapkan untuk menurunkan kolesterol tinggi. 

Perubahan pola makan ini tidak hanya mengurangi kolesterol tetapi membantu meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Tambahkan lebih banyak bumbu ke dalam makanan Anda

Meski memiliki kolesterol tinggi berarti mengonsumsi makanan yang lebih sederhana dan sehat, Anda tidak boleh mengurangi rempah-rempah. Rempah-rempah seperti bawang putih, jahe, kayu manis, kunyit, dan sebagainya adalah makanan yang terkenal karena kemampuannya menurunkan kolesterol. 

Rempah-rempah ini membantu mengurangi kolesterol dengan mengurangi pertumbuhan plak di dalam pembuluh darah.

Makan lemak sehat

Saat melakukan diet yang berfokus pada mengurangi kolesterol, kita sering menghindari semua jenis makanan berlemak. Itu mungkin bukan perubahan pola makan yang tepat. 

Lemak sehat sangat penting bagi tubuh kita karena membantu tubuh menyerap nutrisi lain, mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan produksi kolesterol baik dalam tubuh.

Minum teh hijau

Teh hijau adalah salah satu minuman paling populer yang telah terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol. Teh hijau membantu membersihkan pertumbuhan yang sudah ada sebelumnya dari arteri kita dan juga telah terbukti mengurangi produksinya. 

YesDok Ads

Anda bisa mengonsumsi teh hijau dengan cara menyeduhnya seperti teh biasa atau dengan mengonsumsinya dalam bentuk matcha. 

Matcha adalah teh hijau berbentuk bubuk dan aman dikonsumsi dicampur ke dalam susu dan tidak perlu diseduh.

Hindari Makanan Olahan

Perubahan pola makan ini mungkin lebih mendesak. Makanan olahan kaya akan lemak trans, lemak jenuh, dan pengawet. Semua komponen ini telah terbukti memperburuk dan menyebabkan kolesterol tinggi. 

Hindari makan junk food dan makanan ultraolahan yang tidak sehat seperti keripik, kue, dan sebagainya.

Makan sayur dan buah segar

Ini mungkin salah satu perubahan pola makan yang lebih umum diresepkan untuk orang dengan kolesterol tinggi. 

Makan sayuran dan buah-buahan segar membantu mengurangi kolesterol tinggi karena kaya akan air serta serat larut. Mereka juga kaya akan antioksidan yang telah terbukti menurunkan kolesterol. 

Ini juga mengurangi kemungkinan penyakit terkait jantung yang mungkin rentan terhadap kolesterol tinggi.

Kesimpulannya, beberapa perubahan diet sederhana dan mudah dapat secara signifikan menurunkan kadar kolesterol Anda. Disarankan juga untuk memasukkan olahraga ke dalam rutinitas Anda. Gaya hidup sehat membantu menjaga kesehatan tubuh.

YesDok Ads