0 Point
Perubahan Payudara Bumil

Perubahan Payudara Bumil Sesuai Usia Kehamilan

Kehamilan membuat wanita mengalami banyak perubahan pada tubuhnya. Salah satunya adalah perubahan payudara ibu hamil yang kerap kali membuat ibu hamil merasa tidak nyaman. Perubahan ini akan terus terjadi seiring bertambahnya usia kehamilan.

Menurut Cardiovascular Journal of Africa, perubahan pada tubuh yang terjadi saat kehamilan merupakan kondisi alami untuk memelihara dan membantu perkembangan janin yang bertumbuh dalam kandungan. Begitu juga pada perubahan payudara, pada umumnya ukuran payudara membesar 1-2 cup apalagi pada kehamilan pertama. Bukan hanya ukurannya yang berubah, namun area sekitar payudara ikut mengalami perubahan.

Seperti munculnya garis stretch mark, rasa gatal seiring melebarnya kulit, hingga puting menghitam. Kondisi tersebut biasanya muncul sekitar 6-8 minggu usia kehamilan. Selain itu, hal yang memengaruhi perubahan payudara pada ibu hamil adalah kadar hormon estrogen dan progesteron yang berperan penting dalam menyiapkan payudara untuk proses menyusui.

Berikut perubahan payudara ibu hamil sesuai dengan usia kehamilannya:

Trimester pertama (minggu 1-12)

Menurut US Department of Health and Human Services, Beberapa ibu hamil akan mulai mengalami payudara sakit, berat dan mungkin nyeri pada 1-2 minggu setelah pembuahan.

  • Payudara membesar 1-2 cup.
  • Mengalami garis-garis stretch mark di sekitar payudara.
  • Mengalami rasa nyeri, geli hingga bengkak seperti saat menstruasi.

Trimester kedua (minggu 13-16)

Keluarnya ASI tidak melulu akan terjadi setelah melahirkan. Ada beberapa kasus dimana ibu hamil akan mengalami kebocoran ASI pada trimester kedua, tepatnya usia kehamilan 16 minggu.

  • Payudara ibu hamil akan terasa semakin berat.
  • Warna puting dan areola yang menjadi lebih gelap dari sebelumnya.
  • Puting lebih menonjol.
  • Sering kali muncul benkolan-benjolan kecil di sekitar puting.

Trimester ketiga (minggu 27 hingga hari persalinan)

Saat tubuh ibu hamil bersiap untuk melahirkan, payudara akan menjadi lebih berat dan lebih padat. Perubahan payudara akan terlihat signifikan pada trimester terakhir kehamilan.

  • Puting dan payudara ibu akan terus membesar karena produksi ASI yang meningkat.
  • Selama akhir kehamilan, sel alveolar dapat memproduksi hingga menghasilkan ASI pertama yang disebut dengan kolostrum.

(Foto: bellybelly)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok