Perubahan Gaya Hidup Seimbang Bagi Penderita Kolesterol Tinggi

April 16, 2020 | Kaifia

Diet makanan sehat

Kolesterol merupakan zat berlemak yang ada di dalam tubuh. Kadar kolesterol yang normal tidak memiliki bahaya pada tubuh sedangkan kadar kolesterol yang tinggi membahayakan kesehatan tubuh. Oleh karena itu, keseimbangan antar keduanya diperlukan.

High-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol "baik" membantu menghilangkan kelebihan kolesterol dari tubuh. Low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol "jahat" dapat menyebabkan kolesterol menumpuk di arteri.

Perubahan gaya hidup 

Olahraga

Aktivitas fisik sangat baik untuk mengurangi kolesterol jahat dan kerentanan terkena penyakit jantung. The Physical Activity Guidelines for Americans mengatakan bahwa orang harus setidaknya berolahraga selama 30 menit sehari, 5 hari seminggu (2,5 jam total per minggu).

Meskipun 2,5 jam atau lebih per minggu adalah yang cara terbaik, seberapa lamawaktu Anda berolahraga membantu meningkatkan kesehatan.

Hindari merokok

Bagi perokok aktif, kadar kolesterol HDL akan semakin menurun. Bahkan paparan asap rokok dapat memengaruhi tingkat HDL Anda. Berkonsultasilah dengan dokter melalui aplikasi YesDok untuk membantu Anda berhenti merokok.

Mengonsumsi makanan yang sehat untuk jantung

Diet seseorang harus mencakup sebagian besar lemak tak jenuh, umumnya yang ditemukan pada ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, dan minyak sayur. Lemak tak jenuh ini dapat meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan kadar kolesterol.

Lemak jenuh, ditemukan dalam banyak produk hewani berlemak dan makanan olahan, harus dibatasi hingga kurang dari 10 persen kalori harian.

Selain lemak tak jenuh, mengonsumsi buah-buahan dan sayuran sangat diperlukan untuk meningkatkan kesehatan secara seimbang dan menambah rasa pada rencana makanan Anda.

Berat badan seimbang

Kelebihan berat badan dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat Anda. Berat badan yang seimbang dapat menurunkan kadar kolesterol total, kolesterol LDL, dan trigliserida Anda.

Mengonsumsi suplemen

Apabila perubahan gaya hidup Anda terasa belum cukup, cobalah mengambil suplemen tertentu untuk meningkatkan kadar kolesterol secukupnya. Suplemen tersebut seperti:

  • Tanaman stanol dan sterol

  • Beras ragi merah

  • Asam lemak omega-3

(Foto: freepik/ak1150sb))

YesDok Ads