Persiapan MPASI Si Kecil Saat Mudik

May 01, 2022 | Aqiyu

MPASI saat mudik

Anda berencana mudik Bersama si kecil? Mudik Bersama si kecil memang menjadi tantangan tersendiri, sehingga Anda harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Terutama pada barang-barang si kecil yang wajib dibawa seperti Makanan pendukung ASI (MPASI).

Perjalanan mudik tidak dapat diprediksi. Si kecil yang merasa lapar di jalan bisa saja menjadi lebih rewel. Hal ini bisa membuat perjalanan lebih repot. Tentu saja hal tersebut bukanlah yang diinginkan. Berikut cara mempersiapkan MPASI yang tepat untuk si kecil saat mudik:

Makanan yang praktis

Meski MPASI si kecil sangat beragam, pastikan Anda menyiapkan MPASI sesuai dengan usianya. Mulai dari tekstur hingga jenis makanannya. Anda disarankan menyiapkan makanan yang lebih praktis selama perjalanan. Anda bisa membawa buah seperti pisang yang mudah disajikan untuk si kecil. Siapkan juga camilan untuk si kecil seperti roti atau biskuit. Usahakan pula membawa makanan yang disukai si kecil, agar lebih mudah saat memberikan. Biasanya memberikan makanan yang baru dikenali bisa berisiko cenderung ditolak.

Perhatikan porsi makanan

Sebagai orang tua, tentu Anda sudah hafal betul seberapa banyak si kecil menghabiskan makanan dan kebiasaan makan sehari-hari. Pastikan membawa makanan dengan porsi yang cukup. Biasanya anak usia 6-9 bulan makan sebanyak 2-3 kali per hari, sementara untuk usia 9-12 bulan makan 3-4 kali per hari.

YesDok Ads

Cara menyimpan MPASI

Cara menyimpan MPASI gampang-gampang susah sebenarnya. Karena berbeda dengan makanan orang dewasa, penyimpanan MPASI haruslah benar. Gunakan wadah kecil yang berukuran 40 ml saja agar makanan lebih mudah dihangatkan. Pakailah wadah plastic yang bebas BPA yang baik untuk kesehatan si kecil dan menggunakan blue ice agar makanan lebih tahan lama 4-8 jam.

Cara menghangatkan makanan

Selama perjalanan mudik tidak mungkin Anda membawa microwave atau mencari tempat untuk menghangatkan makanan secara mendadak. Untuk itu, Anda harus menyiapkan mangkuk atau mug yang mudah diisi air hangat serta termos berisi air panas. Cara ini dianggap lebih aman dalam menjadi kandungan nutrisi pada makanan si kecil.

(Foto: istock)

YesDok Ads