Persiapan Melahirkan Anak Pertama yang Perlu Diketahui

December 12, 2020 | Iman

Ibu hamil

Menantikan kehadiran anak pertama menjadi momen yang tak bakal bisa terlupakan. Perasaan senang, gugup, cemas, dan bingung, semua bercampur. Apalagi ketika tiba saatnya untuk mematangkan persiapan melahirkan, tatkala hari perkiraan lahir sang buah hati sudah di depan mata.

Wajar bila orangtua merasa galau dalam persiapan melahirkan anak pertama. Bahkan mereka yang menantikan kehadiran anak kedua, ketiga, atau keempat pun kadang masih merasa galau. Kuncinya adalah orang tua mesti bersikap positif menjelang jadwal persalinan. 

Badan Kesehatan Dunia (WHO) pun mengimbau rumah sakit dan tenaga kesehatan membantu agar melahirkan menjadi pengalaman positif, terutama bagi sang ibu. 

Berikut adalah hal yang patut menjadi perhatian dalam persiapan melahirkan anak pertama.

Rutin Mengikuti Senam Hamil

Senam hamil merupakan latihan bagi ibu hamil yang bertujuan menguatkan serta mempertahankan elastisitas otot dan jaringan yang berkaitan dengan proses persalinan, seperti otot dinding perut, otot dasar panggul, dan ligamen.

Mempelajari Bagaimana Cara Merawat Bayi

YesDok Ads

Dalam persiapan melahirkan anak pertama, ibu hamil perlu tahu juga bagaimana cara merawat bayi. Akan jauh lebih baik bila ibu hamil menambah pengetahuan dengan menyempatkan diri membaca-baca soal cara merawat bayi.

Memilih Tempat Bersalin

Ibu hamil bebas menentukan bersalin di mana. Yang pasti, jangan sampai lupa memilih tempat bersalin yang sesuai dengan kebutuhan dalam persiapan melahirkan anak. 

Persiapan Mental dan Fisik Sebelum Persalinan

Ini persiapan melahirkan yang menentukan kelancaran persalinan. Ibu hamil perlu menyiapkan mental dan fisik menjelang kelahiran anak pertama. Ibu hamil juga bisa meminta dukungan dari suami serta keluarga dan rajin memupuk pikiran positif. 

(Foto : pixabay)

YesDok Ads