Perlukah Desinfeksi Barang Belanja Sebelum Masuk Rumah?

May 22, 2020 | Iman

Cairan desinfektan

Beberapa kota perpanjang penerapaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Namun ironinya beberapa tempat seperti toko swalayan tetap saja ramai, terutama menjelang Hari Raya Lebaran. Dengan kata lain kekhawatiran akan penyebaran Covid-19 tetap ada di manapun.

Dari produk makanan pesan antar (take away), buah-buahan, sayuran hingga susu, tidak ada jaminan steril di ruang publik. Bahkan ketika Anda sudah cuci tangan, mengenakan masker dan menjaga jarak sosial. Lantas bagaimana memperlakukan makanan dari luar ketika tiba di rumah?

Sebagai pengetahuan dasar, Anda perlu mengetahui berapa lama corona bertahan di berbagai permukaan. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), tidak pasti berapa lama coronavirus baru (SARS-CoV-2) bertahan pada berbagai permukaan. Namun sesuai penelitian, diperkirakan dapat menetap di permukaan selama beberapa jam hingga beberapa hari. 

Menurut pedoman Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (CDC), ada kemungkinan risiko bertahan yang rendah dari virus ini pada produk atau kemasan. Suhu ruangan juga memengaruhi potensi penyebaran.

Namun, muncul pertanyaannya apakah tetap perlu membersihkan permukaan produk atau kemasan dari luar dengan desinfektan. Atau mencuci selama 20 detik untuk produk buah dan sayur? Bagaimana memastikan semua ini benar-benar aman ketika di dalam rumah?

Penting untuk diingat, mungkin saja seseorang di swalayan bisa terpapar Covid-19 ketika menyentuh permukaan atau objek yang memiliki virus di atasnya dan kemudian menyentuh indera mereka. Jangan panik, hal ini tidak dianggap cara utama penyebaran virus. Berikut langkah pencegahan yang dapat Anda lakukan ketika di rumah untuk lebih ekstra hati-hati.

YesDok Ads

1. Pastikan untuk selektif apabila berkirim parsel atau barang. Untuk meminimalisasi Anda juga dapat memakai masker dan sarung tangan jika menerima kiriman datang.

2. Buang kemasan luar produk sebelum Anda memasuki rumah. 

3. Tempatkan semua paket dan wadah di lantai dapur atau wastafel, bukan permukaan meja makan atau ruang kumpul keluarga. Bersihkan lantai dan wastafel dengan disinfektan sesudahnya.

4. Buang semua kantung paket pengiriman, kotak dan wadah setelah memindahkan isi barang ke tempat masing-masing. 

5. Mandi usai berbelanja di toko, atau minimal cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. 

(Foto: health.com)

YesDok Ads