Diet
+1

Perlukah Cheating Day Saat Diet?

December 12, 2022 | Aqiyu

Perlukah Cheating Day Saat Diet?

Diet umum dilakukan oleh sebagian besar orang untuk menurunkan berat badan. Diet yang dijalankan harus dilakukan dengan rasa bahagia dan tanpa paksaan. Dalam diet dikenal dengan cheating day, perlukah cheating day saat diet?

Cheating day merupakan waktu dimana Anda dibebaskan mengonsumsi makanan yang Anda suka  hanya dalam sehari saja. Cheating day dalam diet masih menimbulkan kontroversi sampai saat ini. Cheating day dianggap dapat merusak pola makanan yang sudah dijaga selama diet. Bahkan membuat orang yang diet lupa diri dan tidak dapat menahan makanan sehingga bikin diet gagal.

Cheating day sendiri bukanlah hal yang baru dalam dunia diet. Konsep cheating day dianggap membuat orang diet menjadi tidak konsisten dalam menurunkan berat badan. Sebab, tidak ada aturan yang jelas saat melakukan cheating day. Cheating day adalah pilihan bagi masing-masing orang. Jika ingin melakukan cheating day saat diet tetap diperbolehkan. Berikut ini cara agar tidak kalap saat cheating day:

Tetap mengonsumsi makanan sehat

Saat cheating day usahakan untuk tetap mengonsumsi makanan sehat yang mengandung tinggi protein dan serat. Begitu juga dengan cemilan yang Anda konsumsi, sehingga diet yang Anda lakukan tetap membuah hasil manis.

Porsi makanan yang normal

Sebaiknya saat cheating day Anda tetap mengonsumsi makanan dengan porsi yang sama saat Anda diet. Agar Anda tetap terbiasa mengonsumsi makanan dalam jumlah yang sama. Atau Anda dapat menyiasatinya dengan porsi makan yang sedikit namun sering.

Jangan terburu-buru saat makan

Cara makan Anda ternyata memengaruhi rasa kenyang. Makanlah secara perlahan dan jangan terburu-buru. Menikmati makanan dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Hal ini karena makanan yang dikonsumsi dapat dicerna dengan baik oleh tubuh.

YesDok Ads

Bikin makanan sehat sendiri

Menikmati makanan yang Anda suka saat diet bukanlah hal yang mustahil. Anda dapat membuat makanan kesukaan Anda dalam versi sehat. Jadi, Anda tidak perlu merasa bersalah saat cheating day.

Berikut adalah hal yang perlu diketahui mengenai perlukah melakukan cheating day saat diet. Tanya dokter YesDok jika ingin bertanya seputar informasi diet Anda.

(Foto: only my health)

 

 

YesDok Ads