Perlukah Anak-anak Mengenakan Masker Ganda?

July 06, 2021 | Helmi

masker ganda

Di tengah pandemi COVID-19 yang semakin bergejolak belakangan ini, disarankan untuk mulai mengenakan masker ganda untuk memberi perlindungan ekstra. Apakah hal ini terbukti efektif? Apakah cara yang sama juga berlaku untuk anak?.

Selama hampir setahun, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) telah merekomendasikan penggunaan masker untuk memperlambat penyebaran COVID-19. 

Itu karena masker memblokir cara penularan utama: partikel udara yang dilepaskan ketika orang yang terinfeksi batuk, bersin, berbicara, atau menghembuskan napas.

Tetapi para peneliti belajar lebih banyak tentang virus corona setiap hari, dan mereka sekarang menyarankan penggunaan masker ganda dalam situasi tertentu.

CDC baru-baru ini melakukan "simulasi eksperimental" untuk menilai efektivitas masker wajah. Mereka menemukan dua faktor yang dapat melindungi pemakainya dengan lebih baik:

Memastikan masker Anda pas dengan wajah Anda, tanpa celah yang dapat membiarkan udara yang terinfeksi masuk ke dalam.

Memilih masker dengan banyak lapisan untuk menangkal dan/atau mengandung tetesan dengan lebih baik. CDC merekomendasikan "dua atau lebih lapisan kain yang bisa dicuci dan bernapas."

Salah satu cara mudah untuk mencapai skenario tanpa celah dan banyak lapisan yang ideal ini adalah mengenakan masker wajah ganda. 

YesDok Ads

"Ini bukan tentang memiliki dua masker, ini tentang meningkatkan kesesuaian dan penyaringan dengan melapisi penutup pelindung,” kata Dr Jeannie Kenkare, D.O., FAAFP, chief medical officer of PhysicianOne Urgent Care.

Dengan hasil yang dipublikasikan pada 10 Februari, eksperimen CDC menemukan bahwa masker prosedur medis yang tidak diberi tanda memblokir 56,1 persen partikel dari simulasi batuk, sementara masker kain memblokir 51,4 persen. Menempatkan masker kain di atas masker prosedur medis menyebabkan 85,4 persen partikel batuk tersumbat.

Selain itu, ketika sumber tidak mengenakan masker dan penerima memakai masker ganda, eksposur kumulatif penerima berkurang 83 persen. 

Dan ketika sumber dan penerima keduanya menggunakan masker ganda, eksposur kumulatif penerima berkurang 96,4 persen.

Bagi kita orang dewasa, penggunaan masker ganda tentu tak jadi masalah. Tapi lain cerita apabila yang mengenakannya anak-anak. Pasti ada saja perasaan tidak nyaman.

Jika anak Anda tidak dapat menggunakan masker ganda dalam situasi berisiko tinggi, atau mereka hanya tidak ingin memakai dua masker, ada juga cara untuk meningkatkan efektivitas masker dengan penggunaan masker medis tunggal. 

Misalnya, CDC mengatakan Anda dapat mengikat dan menyelipkan loop telinga agar lebih pas. Pastikan tidak ada ruang untuk transmisi udara ketika mengenakan masker. Sehingga perlindungan yang diberikan masker tetap optimal.

YesDok Ads