Perkuat Imunitas saat Puasa, Lakukan Cara Ini!

April 19, 2021 | Aqiyu

olahraga ringan saat puasa

Sama seperti bulan puasa tahun lalu, puasa tahun ini masih dalam kondisi pandemik. Meski tengah berpuasa, Anda tidak boleh lengah mengenai imunitas atau kekebalan daya tahan tubuh agar terhindar dari serangan penyakit terutama virus corona.

Berkurangnya frekuensi makan dan minum selama puasa bukan berarti melemahnya sistem imunitas tubuh. Untuk itu, Anda perlu melakukan hal-hal lain yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubun dan membuat badan terasa bugar selama Ramadan. Berikut beberapa cara untuk menjaga daya tahan tubuh saat berpuasa:

Menjaga asupan yang berkualitas

Tetap menjaga asupan makanan dan minuman yang berkualitas, hindari makanan tinggi lemak saat berbuka puasa dan kurangi konsumsi gula. Konsumsilah makanan tinggi karbohidrat dan protein.

Olahraga

Anda dapat tetap olahraga saat berpuasa. Olahraga bisa dilakukan setelah sahur, sebelum berbuka atau 1-2 jam setelah berbuka puasa. Seperti berjalan kaki selama 30 menit per hari dapat menjaga proses metabolisme tubuh.

Perhatikan kondisi kesehatan

Anda dapat menunda puasa jika dalam keadaan sakit berat. Sangat disarankan bagi siapapun yang memiliki kondisi kesehatan khusus untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menjalani puasa.

YesDok Ads

Asupan cairan

Tingkatkan asupan cairan hingga 1,5-2 kali lipat dibandingkan biasanya. Anda bisa mengalami dehidrasi dan membuat tubuh lelah. Untuk itu, Anda harus tetap memenuhi kebutuhan cairan saat puasa.

Cukup istirahat

Seperti diketahui kurang tidur dapat menurunkan imunitas  dan mudah terserang berbagai penyakit. Untuk itu, selama puasa Anda harus mendapatkan tidur yang cukup dan waktu istirahat yang berkualitas. Untuk orang dewasa, durasi tidur yang disarankan yakni 7-9 jam setiap harinya.

Menjaga kesehatan mental

Jaga kondisi mental dan psikologis Anda selama berpuasa. Anda juga harus mengelola stres yang dapat meningkatkan hormon kortisol. American Psychology Association mengungkapkan bahwa stres yang berlebihan dapat melemahkan imunitas tubuh. Cara mengelola stres dengan olaharaga, meditasi, dan melakukan hobi.

(Foto: freepik)

YesDok Ads