0 Point
tulang bayi

Perkembangan Tulang Janin Sesuai Usia Kehamilan

Perkembangan dan pertumbuhan tulang si kecil sangat penting diperhatikan sejak dalam kandungan. Sebab, kesehatan tulang si kecil dipengaruhi saat masih dalam proses pembentukannya di dalam kandungan.

Fungsi tulang sendiri adalah untuk mendukung dan memberi bentuk tubuh. Itu mengapa, asupan nutrisi dan gizi saat masa kehamilan harus diperhatikan dengan baik agar perkembangan tulang tumbuh dengan normal. Setiap bulan, tulang pada janin dalam kandungan mengalami perubahan. Berikut perkembangan tulang janin sesuai dengan usia kehamilan:

1 bulan: Janin akan mulai memproses tiga lapisan sel termasuk tulang dan otot, serta sistem lainnya seperti saraf dan pencernaan.

2 bulan: Pada usia kehamilan ini janin mulai memiliki struktur tulang tangan dan kaki.

3 bulan: Setelah berusia tiga bulan di kandungan, janin mulai memiliki wajah, hidung, jari tangan dan kaki.

4 bulan: Tulang janin mulai mengeras, menguat dan memanjang. Pada usia kandungan 4 bulan sebaiknya ibu hamil dapat memenuhi kebutuhan kalsium dengan baik.

5-6 bulan: Di saat tulang janin mulai terbentuk, janin mulai belajar menggerakkan anggota badannya.

7-8 bulan:  terjadi perubahan pada tulang janin, yaitu tulang rawan berubah menjadi tulang.

9 bulan:  Anggota tubuh bayi mulai sempurna dan siap untuk lahir.

Untuk nutrisi yang dapat membantu membangun tulang si kecil ibu hamil membutuhkan kalsium 1.000 mg/ hari, fosfor  sekitar 700 mg per hari, vitamin D  sebanyak 600 IU atau 15 mcg per hari, vitamin C 85 mg vitamin C per hari, dan protein 60 gram per hari.

(Foto:pinterest)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok