Perkembangan Anak 3 Tahun, Sudah Bisa Apa Saja Ya?

January 01, 2023 | Aqiyu

Perkembangan Anak 3 Tahun

Tumbuh kembang anak memang menarik untuk selalu diamati. Setiap bulan bertambahnya usia, anak akan mengalami perubahan perkembangan yang semakin luar biasa. Terutama pada anak usia 3 tahun, dalam masa golden age ini orang tua harus memantau perkembangannya apakah sesuai dengan usianya atau tidak.

Sebab, jika Anda mengetahui hal yang tidak normal terjadi pada si kecil. Mak keterlambatan perkembangan tersebut dapat segera ditangani dengan tepat. Berikut ini perkembangan anak 3 tahun yang wajib diketahui:

Motorik Kasar

Pada usia 3 tahun, anak sudah dapat berlari, melompat tinggi dari undakan setinggi 15 cm, bermain sepeda, menendang melempar hingga naik turun tangga sendiri tanpa bantuan serta bergantian antara kaki kiri dan kanan. Semua gerakan tersebut seharusnya sudah bisa dilakukan oleh anak 3 tahun. Jika si kecil belum bisa melakukannya, maka orang tua wajib mengajari dan memberikan contoh. Saat si kecil melakukan hal tersebut sebaiknya selalu dalam pengawasan orang tua.

Motorik halus

Kemampuan motorik halus pada anak 3 tahun akan semakin membaik. Pada usia ini, anak sudah bisa mencuci tangan dan melapnya sendiri. Dapat makan sendiri menggunakan sendok dan garpu serta menyendok makanan berkuah. Serta membuka pintu, menyikat gigi, hingga menulis sendiri. Anda dapat memberikan stimulasi yang tepat dengan cara yang menyenangkan seperti bermain playdough hingga menggunting kertas.

YesDok Ads

Komunikasi dan bahasa

Perkembangan bahasa anak usia 3 tahun sangat pesat.  Anak sudah bisa berkomunikasi atau berinteraksi dengan 2-3 kalimat. Anak usia 3 tahun pun sudah mengenali namanya sendiri dan orang-orang disekitar, menyebutkan jenis kelamin dan usianya. Anak-anak 3 tahun sedang dalam fase ingin tahu lebih banyak. Jadi, jangan heran kalau si kecil banyak tanya tentang beberapa hal. Untuk menstimulasi kemampuan komunikasi dan bahasanya, lakukan dengan rutin kegiatan seperti membaca, menulis, berhitung dan selalu mengajak si kecil mengobrol layaknya berbicara dengan orang dewasa. Pastikan pula tidak menggunakan bahasa bayi agar si kecil dapat belajar kata dengan jelas.

Emosional dan sosial

Perkembangan emosional si kecil biasanya meningkat seiring berjalannya dengan pengalaman sosialnya. Pada anak usia 3 tahun,  emosi anak dapat berkembang melalui bermain  peran atau meniru  satu  sama  lain. Anak juga sudah dapat mengungkapkan emosi mereka saat bermain melalui penggunaan simbol-simbol untuk mewakili emosi, misalnya mengerutkan kening saat mainannya diambil oleh temannya.

Berikut penjelasan mengenai apa saja Perkembangan Anak 3 Tahun. Konsultasi keluhan mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(Foto: tiger kubz)

YesDok Ads