Peringati Hari Pneumonia Sedunia, Kenali Penyebab Serta Gejala Penyakit Infeksi Paru Ini

November 11, 2022 | Kaifia

Mengenal Penyebab dan Gejala Pneumonia

Pneumonia merupakan kondisi medis yang ditandai dengan infeksi pada satu atau kedua paru-paru yang disebabkan oleh jenis bakteri dan virus tertentu.

Jika penyakit pneumonia tidak segera ditangani dengan baik, kondisi ini mampu berakibat fatal bahkan mengancam jiwa terutama bagi seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. 

Jenis bakteri yang terjangkit oleh penderita pneumonia dapat menular yang berarti mereka rentan penyebarannya dari orang ke orang melalui tetesan udara.

Penyebaran pneumonia juga mampu terjadi jika Anda bersentuhan dengan permukaan atau bakteri yang terkontaminasi.

Gejala

Tergantung dengan seberapa parah penyakit pneumonia menyerang sistem pertahanan tubuh Anda serta jenis kuman yang mampu menyebabkan infeksi, usia dan kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa gejala umum pneumonia yang perlu Anda perhatikan

  • Batuk berdahak 
  • Nyeri dada yang memburuk saat Anda batuk
  • Demam disertai keringat dingin
  • Sensasi mual dan muntah
  • Kehilangan selera makan
  • Sakit kepala

Orang lansia yang terkena pneumonia rentan mengalami perubahan suhu tubuh yang cenderung lebih rendah.

Penyebab

YesDok Ads

Secara umum, penyakit pneumonia disebabkan oleh infeksi dan bakteri tertentu. Pemicu bakteri dari jenis pneumonia bakterial disebut Streptococcus pneumoniae. Kondisi ini rentan timbul pada seseorang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah disertai beberapa faktor seperti nutrisi yang buruk, penyakit dan usia. Bakteri ini memiliki cara tertentu untuk memasuki paru-paru. Sedangkan faktor penyebab pneumonia lainnya bisa disebabkan oleh virus termasuk COVID-19. 

Pneumonia termasuk ke dalam salah satu komplikasi COVID-19 dan apabila Anda mengidap keduanya, hal tersebut mampu memperparah kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan. 

Pengobatan

Healthline melansir bahwa dokter akan meresepkan obat untuk membantu meredakan keparahan gejala pneumonia. Obat antibiotik sesuai resep dokter mampu mengobati sebagian besar kasus pneumonia bakterial. 

Namun, obat antibiotik tidak mampu bekerja melawan virus. Untuk hal ini, dokter Anda mungkin dapat meresepkan antivirus. 

Pada Pneumonia World Day ini, kita perlu turut meningkatkan dan menyebarkan kesadaran pentingnya mendapatkan diagnosis dini serta edukasi yang intensif mengenai penyakit pneumonia bagi diri sendiri dan orang tercinta di sekitar Anda. 

Jika Anda mencurigai adanya tanda-tanda pneumonia, Anda dapat melakukan konsultasi online dengan spesialis paru ke YesDok melalui link https://www.yesdok.com/id/doctor/list/

YesDok Ads