Peringatan Gejala Kolesterol Tinggi pada Tubuh

May 09, 2022 | Iman

Kolesterol tinggi

Tubuh manusia membutuhkan kolesterol, zat lilin yang ditemukan dalam darah, untuk membangun sel-sel yang sehat. Namun, ketika kolesterol tinggi, seseorangdapat mengembangkan timbunan lemak di pembuluh darah Anda. 

Endapan membentuk gumpalan yang menyebabkan serangan jantung atau stroke. Sangat penting untuk mengeluarkan kadar kolesterol dari zona merah untuk menghindari masalah.

Meskipun tidak semua kolesterol buruk bagi tubuh, jenis low-density lipoprotein (LDL) adalah kolesterol jahat dan dapat menempatkan Anda pada risiko masalah kesehatan yang lebih besar. Karena itu, penting untuk menjaga kadar Anda tetap terkendali melalui tes darah rutin.

Kolesterol tinggi dapat diturunkan atau hasil dari pilihan gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, tidak aktif atau kelebihan berat badan atau obesitas. Diet sehat, olahraga teratur, dan terkadang obat-obatan dapat membantu mengurangi kolesterol tinggi.

Tes darah diperlukan untuk mengidentifikasi kadar kolesterol tinggi. Namun, ada beberapa tanda peringatan yang mungkin muncul di tubuh Anda. Berikut cara mengenali kolesterol tinggi sejak dini.

YesDok Ads

1. Mati rasa di kaki dan kaki
Salah satu tanda kolesterol tinggi bisa jadi adalah perasaan mati rasa di kaki. Ini menandakan bahwa pembentukan plak telah berkembang di arteri dan pembuluh darah lainnya. Gangguan aliran darah dapat mencegah darah yang kaya oksigen mencapai lengan dan kaki, menyebabkan rasa sakit dan sensasi kesemutan yang tidak nyaman.

Tanda dan gejala lain dari penyakit pada tungkai dan kaki termasuk kram, luka yang tidak kunjung sembuh, dan tungkai atau kaki dingin.

2. Kuku pucat
Plak inilah yang disimpan di arteri Anda yang membuat arteri menyempit, dengan endapan besar menghalangi mereka sepenuhnya. Ketika kolesterol ekstra menyempit atau menyumbat arteri Anda, itu membatasi aliran darah ke berbagai bagian tubuh, termasuk kuku Anda. Kondisi ini bisa meninggalkan kuku Anda dengan garis-garis gelap di bawahnya. 

3. Stroke dan serangan jantung
Masalah utama lainnya yang menandakan pembentukan plak adalah kasus stroke dan serangan jantung. Arteri yang tersumbat ke jantung Anda dapat menyebabkan serangan jantung. Arteri yang tersumbat ke otak Anda dapat menyebabkan stroke. Banyak orang tidak menyadari bahwa mereka memiliki kolesterol tinggi sampai mereka mengalami salah satu dari peristiwa yang mengancam jiwa ini.

(Foto: everydayhealth)

YesDok Ads