0 Point
Anak makan sayur

Perhatikan Pola Makan untuk Anak Sehat

Asupan nutrisi di masa anak-anak berkaitan dengan kecerdasan atau intelegensi seseorang. Penelitian menyebutkan bahwa status gizi yang buruk dapat memengaruhi fungsi otak dan berdampak pada perkembangan kognitif dan perilaku. 

Walaupun kecerdasan seseorang tidak hanya dipengaruhi oleh nutrisi, nutrisi tetap menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Nutrisi selama masa anak-anak memengaruhi status kesehatan, status gizi, dan berujung pada prestasi anak. 

Nutrisi yang tepat untuk anak bukan hanya permasalahan jenis makanan yang diberikan, namun juga perlu memperhitungkan jumlah dan kebutuhan si anak. Ada faktor-faktor tertentu yang menentukan kebutuhan nutrisi bagi anak. Selain nutrisi, perkembangan anak sangat berkaitan erat dengan olahraga.

Dokter Anak Konsultan Nutrisi dan Metabolik di RSUI, dr. Yoga Devaera, Sp.A(K) menjelaskan terkait usia dan pertumbuhan anak. Usia sekolah yang dibahas dalam sesi pertama ini, yaitu usia 6-12 tahun. 

Ia menuturkan bahwa pada tahun pertama kehidupan, kenaikan tinggi badan sangat cepat dan akan menurun dari tahun ke tahun seiring bertambahnya umur. 

Menurut dr Yoga, pertumbuhan anak pada usia sekolah ini (6-12 tahun) berada pada masa pertumbuhan terendah dibandingkan pada masa pertumbuhan bayi dan masa pubertas.

“Begitu pula pada indeks massa tumbuh pada usia tersebut, juga berada di masa terendah, dimana komposisi lemak tubuhnya paling rendah dan beranjak meningkat seiring masa pubertas,” ucapnya.

Masalah yang terjadi pada usia tersebut yaitu gizi kurang, gizi lebih (obesitas), dan defisiensi mikronutrien juga cukup tinggi. Pada anak usia sekolah ini, kesehatan tulang dan kecukupan gizi juga berpengaruh terhadap pertumbuhan. Kesehatan tulang dipengaruhi beberapa hal, tidak hanya cukup dengan pemberian kalsium pada anak, namun juga dibutuhkan vitamin D, magnesium, fosfat, dan lainnya. 

Kecukupan gizi anak usia ini juga dipengaruhi berbagai hal, seperti aktivitas fisik, status pubertas, dan malnutrisi. 

Dr Yoga juga memberikan anjuran makan yang baik untuk anak usia sekolah ini, dengan pola makan yang sehat dengan beragam makanan, membatasi gula dan garam, memberikan asupan sesuai kondisi anak tersebut, misalnya untuk anak overweight dan obesitas dapat memberikan makanan yang rendah kalori dan untuk anak gizi kurang dapat memberikan makanan tinggi kalori.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok