Perhatikan Hal Ini jika Anda Miliki Alergi Debu

June 26, 2020 | Claudia

Alergi debu

Ada berbagai macam jenis alergi yang bisa menimpa seseorang, salah satunya adalah alergi debu. Banyak orang yang memiliki alergi terhadap debu, sedikit saja mereka menghirup debu, ini bisa memicu reaksi alergi yang mereka miliki.

Alergi debu bisa sangat memengaruhi kesehatan, sebab jika reaksi alergi sedang kambuh, ini bisa menyebabkan batuk, mengi, bersin atau bahkan pilek. Oleh karena itu, Anda harus menjaga lingkungan di sekitar Anda tetap bersih dan bebas dari debu jika tak ingin diserang alergi ini.

Lalu, apa saja yang harus Anda perhatikan agar alergi debu tak mudah kambuh?

Rutin membersihkan kipas angin dan AC

Baik kipas angin maupun AC menyimpan banyak debu yang bisa dengan mudah diedarkan ke seluruh ruangan ketika kita menghidupkannya. Jika tak rajin dibersihkan, ini bisa memicu reaksi alergi lebih mudah datang. Bersihkan kipas angin dan AC Anda paling tidak seminggu atau dua minggu sekali, untuk menghindari Anda dari kambuhnya reaksi alergi terhadap debu.

Perhatikan kebersihan karpet

Apakah Anda menggunakan karpet pada rumah atau bahkan kamar Anda? Jika ya, maka Anda harus rutin membersihkannya, karena karpet dapat menyimpan debu yang sangat banyak, baik di atas permukaan maupun di bawah karpet. Cuci dan ganti pemakaian karpet Anda secara rutin, atau Anda juga bisa secara rutin membersihkan debu-debu yang menumpuk pada karpet dengan memanfaatkan vacuum cleaner.

Jangan terlalu banyak menyimpan boneka

YesDok Ads

Boneka dapat menyimpan banyak debu dan bahkan tungau, yang bisa terhirup dan menimbulkan bahaya jika boneka dimainkan oleh anak Anda yang memiliki alergi terhadap debu.

Ganti gorden secara rutin

Coba diingat, kapan terakhir kali Anda mengganti gorden kamar Anda? Gorden yang berada dekat dengan jendela, menjadi tempat menempelnya debu dan segala kotoran yang tesebar di udara dengan mudah. Cucilah gorden dengan air hangat seminggu sekali untuk menjaga ruangan sekitar rumah Anda tetap sehat dan bersih.

Ganti seprai dan sarung bantal secara berkala

Jangan pernah malas untuk mengganti seprai dan sarung bantal yang Anda gunakan untuk tidur. Orang-orang yang memiliki alergi debu harus selalu membersihkan kasur dan tempat tidur mereka secara teratur. Ganti seprai kasur, sarung bantal, dan sarung guling Anda seminggu sekali. Jemur juga kasur dan bantal Anda sesekali di bawah terik sinar matahari untuk menyingkirkan bakteri dan menghilangkan partikel debu.

Konsultasikan dengan dokter

Jika tindakan pencegahan tak juga membantu Anda terbebas dari alergi debu, maka Anda harus segera mengonsultasikannya dengan dokter. Alergi juga harus mendapatkan penanganan medis yang tepat, sehingga tidak menyebabkan masalah lain yang dapat mengganggu kesehatan tubuh Anda.

(Foto: humanitas.net)

YesDok Ads