Perbedaan Antara Penyakit Campak, Rubella dan Roseola

January 22, 2023 | Kaifia

perbedaan campak rubella dan roseola

Campak, rubella dan roseola merupakan ketiga kondisi medis berbeda yang menimbulkan infeksi virus menular yang serius disertai dengan beberapa gejala yang serupa seperti demam dan ruam merah. Hal ini yang membuat ketiga penyakit tersebut sulit untuk membedakannya.

Mereka bisa berbahaya dan memperparah kondisi kesehatan Anda jika tidak ada penanganan yang tepat terutama bagi bayi dan anak kecil.

Perbedaan antara campak, rubella dan roseola

Berikut adalah perbedaan campak rubella dan roseola.

Campak 

Adalah infeksi serius yang sangat menular melalui kontak dengan air liur, lendir atau tetesan udara. Meskipun kondisi ini lebih cenderung menyerang anak-anak, orang dewasa juga bisa rentan terkena campak.

Penyakit campak bisa menimbulkan gejala seperti ruam merah dan demam tinggi. Ruam merah ini terdiri dari bintik-bintik merah dan bisa menyebar ke area leher, tungkai dan kaki. Dalam beberapa kasus, pengidap campak melaporkan bahwa ruam merah biasanya tidak menyebabkan gatal-gatal. Lalu, gejala mereka juga disertai benjolan kecil yang menonjol dekat dengan ruam tersebut. Saat demam mereda, ruam merah pun dapat berhenti menyebar.

YesDok Ads

Rubella

Healthline melansir bahwa pada kasus dengan rubella, demam tinggi akan muncul sebelum ruam terjadi. Demam ini berlangsung antara 3 atau 4 hari. Lalu, saat kondisi demam Anda sudah mulai mereda, langsung diikuti dengan ruam merah.

Ruam yang diakibatkan oleh rubella cenderung bermula di area wajah dengan benjolan halus berwarna merah muda. Kondisi ruam yang Anda alami juga disertai dengan gatal-gatal. 

Roseola

Sedangkan pada roseola, gejalanya bisa terdiri dari demam tinggi, kejang dan hidung meler. Dalam beberapa kasus, penderita roseola juga dapat mengembangkan pembengkakan kelenjar getah bening di area leher secara bersamaan dengan demam tinggi. Ruam merah disertai dengan bintik-bintik berwarna merah muda juga menyebar ke seluruh area tubuh. Beberapa kasus pada anak, mereka bisa mengidap penyakit roseola tanpa memiliki ruam merah.

Berikut adalah perbedaan campak rubella dan roseola. Konsultasikan kepada dokter YesDok bila Anda mengalami gejala dari penyakit di atas.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

YesDok Ads