Perawatan Terbaik untuk Kulit yang Terbakar Sinar Matahari

April 23, 2021 | Claudia

Kulit terbakar matahari

Kulit kita rentan terpapar berbagai macam hal yang kemudian dapat merusak kulit. Misalnya saja polusi, debu, kotoran, sinar matahari, dan masih banyak lagi. Agak kulit Anda tidak mengalami masalah, perawatan terbaik diperlukan.

Sinar ultraviolet dari matahari merupakan salah satu paparan yang sulit kita hindari. Bahkan, sinar UV bisa menembus ke ruangan dan kain, sehingga proteksi sangat diperlukan untuk kulit kita. Sinar UV bisa mengeringkan kulit, sehingga kulit tampak dehidrasi dan yang terburuk bisa sampai bersisik. Paparan sinar UV juga bisa membakar kulit, bahkan dalam jangka panjang bisa menyebabkan kanker kulit.

Perawatan kulit yang tepat sangat diperlukan untuk merawat kulit Anda yang rentan terpapar sinar UV. Perawatan apa saja yang tepat untuk Anda?

Gel lidah buaya

Menggunakan gel lidah buaya pada kulit dapat membantu memberikan kelembapan pada kulit dan membuat kulit lebih bercahaya. Gel lidah buaya mengandung 90 persen air, yang bisa membantu meredakan sengatan matahari secara instan. Selain itu, vitamin dan protein dalam gel lidah buaya juga bisa membantu merawat kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

Oleskan gel lidah buaya segar yang diambil langsung dari daun lidah buaya, pada kulit yang terbakar sinar matahari. Sertakan pijatan lembut untuk memberikan relaksasi pada kulit. Setelahnya, Anda tinggal membersihkannya kembali dengan air dingin.

YesDok Ads

Susu

Penggunaan susu untuk perawatan kulit merupakan salah satu cara terbaik untuk mengatasi kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Protein, lemak, dan vitamin yang terkandung di dalam susu dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, sehingga menyejukkan kulit Anda.

Oleskan susu dingin pada kulit yang terbakar. Anda bisa menggunakan es batu untuk lebih menyejukkan kulit Anda.

Mentimun

Mentimun mengandung enzim aktif yang membantu menenangkan kulit yang terbakar akibat sinar UV. Iris mentimun tipis-tipis, dan gosokkan irisan-irisan mentimun ini pada kulit secara lembut. Anda juga bisa menaruhnya di atas kulit Anda dan mendiamkan selama beberapa saat untuk mendapat manfaat maksimal. Setelah beberapa menit, bilas kembali kulit Anda sampai bersih dengan air dingin.

(Foto: bc.doctorsofoptometry.ca)

YesDok Ads