Perawatan Rambut Rontok Bagi Wanita

December 04, 2019 | Kaifia

Rambut rontok pada wanita bisa terjadi karena berbagai cara, seperti genetik, perubahan kadar hormon, atau sebagai bagian dari proses penuaan alami.

Ada berbagai pilihan perawatan untuk wanita dengan rambut rontok, termasuk obat topikal, seperti Rogaine. Pilihan lain termasuk light therapy, mengonsumsi makanan bernutrisi, atau dalam beberapa kasus, transplantasi rambut.

Minoxidil

Minoxidil merangsang pertumbuhan rambut dan dapat meningkatkan siklus pertumbuhannya. Hal ini dapat menyebabkan rambut menebal dan mengurangi penampilan tambalan atau pelebaran rambut yang melebar.

Efek samping dari minoxidil umumnya ringan. Beberapa wanita mungkin mengalami iritasi atau reaksi alergi terhadap bahan dalam produk, seperti alkohol atau propilen glikol. Mengganti formula atau mencoba berbagai merek dapat mengurangi gejala.

Light therapy

Light therapy tingkat rendah mungkin bukan pengobatan yang cukup untuk rambut rontok sendiri, tetapi mungkin bertindak untuk memperkuat efek dari perawatan rambut rontok lainnya, seperti minoxidil.

Penelitian masih melakukan penelitian lebih lanjut untuk memperkuat hasil ini.

Ketoconazole

YesDok Ads

Obat ketoconazole dapat membantu mengobati kerontokan rambut dalam beberapa kasus, seperti androgenetic alopecia, di mana peradangan. Sumber terpercaya dari folikel rambut sering berkontribusi pada kerontokan rambut.

Sebuah ulasan diposting ke International Journal of Women's Dermatologymencatat bahwa ketoconazole topikal dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kekuatan dan tampilan rambut.

Corticosteroids

Beberapa wanita mungkin dapat merespon suntikan kortikosteroid. Dokter menggunakan perawatan ini hanya jika diperlukan, untuk kondisi seperti alopecia areata. Alopecia areata menyebabkan rambut seseorang rontok secara acak.

Mengonsumsi makanan bernutrisi

Makan makanan sehat bisa mendukung pertumbuhan rambut normal, juga. Biasanya, diet sehat akan mengandung berbagai makanan, termasuk banyak sayuran dan buah-buahan. Ini memberikan banyak nutrisi penting dan senyawa yang membantu menjaga kulit dan rambut tetap sehat.

Transplantasi rambut

Dalam beberapa kasus dimana kondisi rontok seseorang tidak membaik walaupun mereka sudah melakukan berbagai perawatan, dokter dapat merekomendasikan transplantasi rambut. Ini melibatkan mengambil potongan-potongan kecil dari kulit kepala dan menambahkannya ke area kebotakan untuk meningkatkan rambut di area itu secara alami. Terapi transplantasi rambut bisa lebih mahal daripada perawatan lain dan tidak cocok untuk semua orang.

(Foto: healthline.com)

YesDok Ads