Peran Suplemen dan Multivitamin untuk Menambah Imunitas

April 05, 2020 | Iman

Vitamin c

Kasus Coronavirus telah menyebar cepat ke lebih dari 200 negara, termasuk Indonesia. WHO pun mencatat wabah corona sebagai pandemi. Di Indonesia sendiri, kasus telah meningkat drastis hingga mencapai angka ribuan untuk pertama kalinya. 

Seperti kita ketahui, virus ini sangat mudah menular melalui kontak perorangan secara langsung, terutama bagi orang yang memiliki imunitas tubuh rendah. 

Berbagai situs dari Kemenkes dan pemerintah yang dikhususkan untuk cepat tanggap dalam menghadapi Covid19, terus menghimbau masyarakat tentang apa yang harus dilakukan pada situasi sekarang ini. Salah satunya adalah anjuran mengonsumsi suplemen atau vitamin untuk penambah daya tahan tubuh.

Pada dasarnya, sistem imun dapat ditingkatkan oleh nutrisi yang mendukung. Bagi masyarakat yang tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian, dapat mengonsumsi suplemen dan vitamin untuk mendapatkan asupan nutrisi tambahan. 

Beberapa asupan yang diyakini mampu meningkatkan kekebalan tubuh adalah Vitamin C, Zat Besi, dan kunyit. Ketiga bahan ini ampuh menjaga sistem kekebalan tubuh. Vitamin C tidak diragukan lagi memiliki peran penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh karena kandungan antioksidan. Vitamin C juga dapat mencegah kerusakan dan memperbaiki sel yang rusak akibat virus dan bakteri.

YesDok Ads

Lalu bagaimana dengan multivitamin yang mengandung zat besi dan kunyit? Multivitamin mengandung 13 nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Ditambah zat besi yang dapat merangsang sel kekebalan tertentu dan mampu mengurangi stres oksidatif. 

Tidak hanya itu, zat besi dapat mengurangi risiko infeksi serta meningkatkan respons kekebalan pada orang yang lebih tua secara signifikan. Hal ini tentu sangat mendukung untuk melawan berbagai macam virus yang menyebabkan penyakit, termasuk virus corona.

Sedangkan, kunyit memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh. Kunyit dikenal dapat membantu pengeluaran toksin dari tubuh. Kandungan kurkumin juga berperan sebagai anti inflamasi dan mengandung antioksidan.

Konsumsi vitamin secara rutin bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh. Pencegahan ini dapat dilakukan terhadap infeksi virus maupun bakteri, Namun Pastikan suplemen yang dikonsumsi terdaftar secara resmi dan ikuti aturan pakainya.

(Foto : livescience.com)

YesDok Ads