0 Point
nyeri vagina

Penyebab Vagina Sering Nyeri Yang Jarang Diketahui

Saat menstruasi beberapa wanita mungkin mengalami nyeri pada vagina. Tapi jika nyeri terasa terus menerus, Anda harus mewaspadai rasa nyeri tersebut. Karena ada beberapa penyebab nyeri vagina yang mungkin jarang diketahui namun membahayakan kesehatan. Berikut penyebab vagina sering nyeri yang jarang diketahui:

Herpes genital

Penyebab herpes genital adalah virus herpes simpleks (HSV). Penyakit ini menular dan dapat pindah dari satu orang ke orang lain melalui kontak langsung. Herpes genital sangat berbahaya terutama bagi ibu hamil karena dapat meningkatkan rIsiko keguguran. Bahkan herpes genital ini dapat menularkan ke bayi melalui jalan lahir. Gejala herpes genital umumnya akan terlihat dalam waktu 4-7 hari setelah kontak seksual. Gejalanya meliputi lecet dan luka pada alat kelamin bagian luar, terdapat pelabuhan merah berisi air pada mulut vagina dan anus, rasa nyeri, gatal, tidak enak badan, demam, nyeri saat buang air kecil dan kelenjar getah bening di daerah sekitar membengkak. Biasanya, membutuhkan waktu sekitar 3 minggu untuk sembuh.

Infeksi jamur

Infeksi jamur juga dapat menyebabkan nyeri pada area vagina. Rasa nyeri ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman untuk duduk, berjalan, buang air kecil hingga berhubungan seksual. Biasanya infeksi jamur pada vagina ini disebabkan oleh pertumbuhan jamur candida yang berlebihan. Dalam kasus infeksi jamur yang sedang dan berat proses penyembuhannya membutuhkan waktu sekitar 1-2 minggu. Sedangkan pada kasus yang ringan hanya membutuhkan waktu kurang lebih 3 hari. Bahkan terkadang infeksi jamur bisa sembuh dengan sendirinya tanpa perlu perawatan khusus.

Vulvodynia

Vulvodynia merupakan rasa sakit yang timbul di beberapa area kurva pada waktu yang berbeda. Nyeri pada kurva ini bisa terjadi sesekali ada terus menerus. Telepon dunia tidak boleh diabaikan karena dapat menyebabkan beberapa komplikasi diantaranya rasa sakit pada kurva saat berhubungan intim atau beraktivitas, rasa takut saat berhubungan seksual hingga vaginismus. Namun jangan khawatir vulvodynia dapat disembuhkan dengan diobati.

Kista bartholin

Terkadang kista bartholin tidak menimbulkan rasa nyeri tapi dalam beberapa kasus kista Ini menimbulkan rasa sakit. Kista bartholin dapat menimbulkan nyeri pada benjolan, rasa tidak nyaman, saat berjalan duduk berhubungan intim dan menimbulkan demam. Kista bartholin ini biasanya berukuran kecil dan letaknya berada di kedua sisi bibir Miss V. 

(Foto: cary obgyn)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok