0 Point
Sensasi mual

Penyebab Timbulnya Sensasi Mual di Pagi Hari

Morning sickness yang ditandai dengan mual dan muntah, sangat umum terjadi pada saat kehamilan. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormonal yang terjadi selama tahap trimester pertama.

Meskipun kehamilan mungkin merupakan penyebab umum mual di pagi hari, hal tersebut bukan satu-satunya penyebab. 

Berbagai penyebab mulai dari yang ringan hingga kondisi yang sangat serius, dapat memicu mual di pagi hari. Apabila gejala tidak membaik dalam beberapa hari, Anda perlu mempertimbangkan untuk berkonsultasi ke dokter. 

Penyebab mual di pagi hari

Gula darah rendah

Gula darah rendah bisa menyebabkan sensasi mual di pagi hari, serta diiringi dengan gejala lain seperti pusing, gemetar dan bahkan pingsan. 

Rasa lapar di pagi hari kerap menjadi pemicu gejala gula darah rendah, oleh karena itu, mengisi perut sebelum menjalani aktivitas di siang hari dapat membantu mengatasi sensasi mual.

Gangguan tidur

Gangguan tidur seperti insomnia dapat mengganggu siklus tidur Anda. Perubahan pola tidur dapat menyebabkan respons neuroendokrin tubuh Anda, yang terkadang bisa memicu sensasi mual.

Refluks asam

Penyakit refluks gastroesofageal terjadi ketika asam lambung mengalir naik ke kerongkongan dan mengiritasi dindingnya. Akibatnya, kondisi tersebut mampu memicu mual, sakit tenggorokan serta sensasi terbakar di area dada.

Rasa sakit yang disebabkan oleh GERD bisa memburuk di pagi hari karena berbaring membuat isi perut mudah bergerak ke arah yang salah. Penderita GERD juga cenderung bangun tidur dengan suara serak atau batuk.

Pengobatan

Jika sensasi mual disebabkan pola makan atau gaya hidup, Anda bisa menerapkan hal dibawah ini

  • Batasi asupan alkohol
  • Membuat jadwal tidur yang teratur
  • Hindari makan dengan porsi besar sebelum tidur
  • Lakukan teknik relaksasi untuk mengatasi stres
SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok