Penyebab Timbulnya Iritasi Pada Tenggorokan

September 01, 2021 | Kaifia

Sakit tenggorokan.

Iritasi pada tenggorokan merupakan hal yang umum terjadi dan biasanya gejala datang secara sementara dan akan pergi dalam waktu seminggu atau lebih. Namun, Anda juga perlu waspada karena hal tersebut bisa menjadi tanda kondisi kesehatan yang serius.

Sakit tenggorokan ini disebabkan oleh infeksi virus seperti pilek dan flu. Sakit tenggorokan yang dipicu oleh virus tersebut akan sembuh dengan sendirinya.

Selain sakit tenggorokan disebabkan oleh infeksi virus, bakteri juga bisa menjadi penyebabnya. Hal ini memerlukan pengobatan antibiotik untuk mencegah komplikasi.

Ada beberapa penyebab iritasi yang terjadi pada tenggorokan

Flu biasa

Pilek biasa yang umum terjadi dan gejalanya bisa disertai dengan sakit tenggorokan. Rata-rata, orang dewasa terkena pilek sekitar 2-3 per tahun dan biasanya berlangsung seminggu.

Hingga saat ini, masih belum tersedia untuk flu biasa namun seseorang hanya bisa mengobati gejalanya. Perawatan tersebut termasuk

  • Penuhi cairan tubuh
  • Istirahat yang cukup
  • Minum obat bebas
  • Menghirup uap air hangat

Alergi

YesDok Ads

Ketika seseorang alergi terhadap bulu hewan, jamur, debu dan serbuk sari yang dapat menyebabkan sakit tenggorokan.

Gejala alergi bisa termasuk

  • Mulut terasa gatal
  • Bibir dan mulut terlihat bengkak
  • Tenggorokan teriritasi

Pengobatan untuk kondisi ini bisa bervariasi tergantung pada gejala dan tingkat keparahannya. Obat-obatan bebas seperti antihistamin, dekongestan dan obat semprot hidung dapat membantu mengatasi iritasi pada tenggorokan.

Refluks asam

Kondisi ini terjadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan sehingga dapat menimbulkan sensasi terbakar di dada dan sakit tenggorokan.

Anda dapat mengonsumsi antasida untuk membantu mengurangi gejalanya. 

Seseorang biasanya dapat mengobati iritasi tenggorokan mereka dengan obat-obatan bebas atau pengobatan rumahan. Namun, apabila Anda mengalami kesulitan bernapas, atau gejalanya terjadi terus menerus, penting untuk segera mencari bantuan medis.

YesDok Ads