Penyebab Timbulnya Darah Pada Feses si Kecil

July 20, 2021 | Kaifia

Bayi sedang diganti popok

Melihat darah di kotoran bayi bisa menjadi hal yang mengkhawatirkan bagi orang tua namun perlu diketahui bahwa hal ini termasuk kondisi yang umum terjadi.

Makanan dan minuman atau resep obat tertentu bisa menyebabkan perubahan warna pada tinja dan akan terlihat seperti darah. Hanya dalam beberapa kasus tertentu, darah dalam tinja bisa menjadi kondisi dari penyakit serius. 

Penyebab

Darah pada tinja si bayi bisa terlihat berbeda-beda tergantung penyebabnya. Intensitas serta warna dapat membantu dokter dalam mengidentifikasi dari mana darah tersebut berasal.

Jika tinja bayi tampak merah, hal itu tidak selalu menandakan timbulnya darah pada tinja namun beberapa makanan yang berwarna merah seperti tomat dan makanan berserat lainnya bisa menyebabkan garis-garis merah pada tinja bayi.

Berikut adalah beberapa penyebab utama mengapa munculnya darah pada tinja si kecil

Konstipasi

Bayi yang mengalami konstipasi atau sembelit dapat memiliki kecenderungan untuk buang air besar. Hal ini menyebabkan adanya tinja berlumuran darah sehingga menyebabkan robekan kecil di sekitar area anus.

Dokter akan merekomendasikan antibiotik dan rasa sakit untuk mengurangi rasa sakit tersebut. 

YesDok Ads

Orang tua atau pengasuh perlu mengatur perubahan pola makan yang tepat bagi si kecil untuk mengurangi risiko sembelit.

Alergi dan sensitivitas makanan

Bayi dengan sensitivitas makanan atau alergi mungkin dapat mengalami adanya darah pada tinja mereka selama berhari-hari atau bahkan bisa berbulan-bulan.

Apabila hal ini terjadi pada waktu yang lama, terutama setelah perubahan pola makan bayi, orang tua perlu berkonsultasi dengan dokter terkait alergi makanan.

Diare

Diare dalam tinja pada si kecil dapat disertai dengan diare dan disebabkan oleh kondisi berikut ini

  • Penyakit Crohn
  • Infeksi bakteri dan virus
  • Kolitis ulseratif

Kondisi ini umumnya hilang dengan sendirinya namun dehidrasi bisa terjadi pada si kecil. Bayi yang mengalami diare serta tinja yang berdarah memerlukan pengobatan medis.

Sebagian besar kasus ini tidak menyebabkan kondisi yang sangat berbahaya namun tetap penting untuk menghubungi dokter setiap keluarnya tinja yang disertai oleh darah pada si bayi. Dokter akan mendiagnosis penyebabnya dan memberikan pengobatan yang tepat.

YesDok Ads