0 Point
Ruam di belakang telinga

Penyebab Ruam di Belakang Telinga dan Pengobatannya

Timbulnya ruam di belakang telinga bisa terjadi akibat berbagai kondisi medis yang bervariasi mulai dari infeksi virus tertentu dan penyakit autoimun.

Namun, mereka bisa sulit untuk diidentifikasi dan diatasi karena Anda tidak melihat sendiri area yang terkena dengan jelas.

Ruam ini dapat menyebabkan area tepat di belakang telinga menjadi gatal, kemerahan dan bengkak serta menimbulkan iritasi. Berikut adalah beberapa penyebab umumnya

Dermatitis kontak

Dermatitis kontak terjadi ketika seseorang bersentuhan dengan sesuatu yang membuatnya alergi dan mengiritasi kulit Anda. Telinga merupakan salah satu area tubuh yang rentan terhadap dermatitis kontak karena penggunaan produk perawatan kulit dan perawatan rambut yang mengiritasi kulit.

Beberapa jenis parfum dan kosmetik bisa menyebabkan dermatitis kontak. Alergen yang bisa menyebabkan dermatitis kontak di belakang telinga yaitu bisa termasuk sampo, sabun serta produk perawatan rambut lainnya.

Untuk pengobatannya, Anda bisa menggunakan obat-obatan bebas yang tersedia serta dokter akan merekomendasikan kortikosteroid topikal untuk mengurangi peradangan. 

Scalp psoriasis

Psoriasis pada kulit kepala ini memiliki plak kulit yang tebal dan berubah warna. Plak tersebut bisa menjadi gatal dan mengelupas sehingga terlihat seperti ketombe.

Beberapa gejalanya termasuk kulit yang terlihat bersisik kering, gatal serta kulit kepala kering dan pecah-pecah.

Penderita scalp psoriasis bisa menggunakan perawatan topikal karena umumnya gejala yang mereka alami ringan.

Pityriasis rosea

Pityriasis rosea adalah gangguan kulit yang menyebabkan ruam bersisik yang dapat menimbulkan sensasi gatal.

Sebagian besar orang yang memiliki kondisi ini mengalami virus seperti pilek, sakit tenggorokan dan kelelahan.

Kondisi ini biasanya hilang dengan sendirinya namun Anda dapat mengatasinya menggunakan krim steroid.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok