Penyebab Rasa Asin Di Mulut dan Bagaimana Pengobatan Rumahannya

January 29, 2020 | Kaifia

Rasa asin di mulut.

Mengonsumsi makanan asin dapat sering meninggalkan aftertaste di mulut. Namun, ketika rasa ini ada untuk waktu yang lama, itu mungkin merupakan gejala dari masalah yang mendasarinya.

Rasa asin atau aneh biasanya tidak memprihatinkan, tetapi gejala-gejala ini bisa mengganggu.

Beberapa penyebab rasa asin membutuhkan diagnosis dan perawatan dokter. Sementara itu, pengobatan rumahan dapat membantu meredakan gejalanya.

Penyebab

Postnasal drip

Postnasal drip sering terjadi dan mungkin karena masalah seperti:

  • Alergi

  • Infeksi sinus

  • Flu biasa

Postnasal drip dapat membuat lendir berlebih di saluran hidung yang menetes dari bagian belakang hidung ke tenggorokan. Kehadiran lendir ini dapat menyebabkan air liur terasa lebih asin dari biasanya.

Obat-obatan yang dijual bebas dapat membantu membersihkan tetesan postnasal, yang kemungkinan akan menghilangkan rasa asin.

Dehidrasi

Dehidrasi dapat menyebabkan rasa aneh dan gejala lainnya, seperti mulut kering. Ketika tubuh kekurangan cairan, itu dapat menyebabkan air liur menjadi kaya akan mineral asin, karena ada ketidakseimbangan dalam kadar garam dan air dalam tubuh.

Mulut kering

Mulut kering adalah salah satu gejala dehidrasi, tetapi bisa juga merupakan kondisi terpisah. Istilah kekeringan di mulut adalah xerostomia. Orang-orang dengan xerostomia mungkin merasa seolah-olah mereka memiliki bola kapas di mulut mereka, dan mungkin juga mengalami air liur kering atau lengket. Air liur bisa terasa aneh, sering pahit atau asin.

Beberapa obat dapat menyebabkan mulut kering. Gejala ini juga dapat dikaitkan dengan penggunaan tembakau atau kondisi yang mendasarinya. Namun, hidung yang tersumbat seringkali cukup untuk mengeringkan mulut, karena seseorang dipaksa untuk bernapas melalui mulut.

YesDok Ads

Penyakit refluks gastroesofagus (GERD)

Penyakit ini terjadi ketika sfingter esofagus melemah, sehingga empedu atau asam lambung merayap masuk ke dalam pipa makanan. Ini akan menyebabkan sensasi terbakar di dada, bersama dengan gejala lainnya.

Pilihan pengobatan

Perawatan yang benar untuk rasa asin di mulut akan tergantung pada penyebabnya. Bagi banyak orang, minum beberapa gelas air ekstra sepanjang hari sudah cukup untuk menghilangkan gejalanya. 

Diagnosa

Untuk menentukan penyebab rasa asin, dokter akan sering memeriksa mulut, kemudian bertanya tentang diet, gaya hidup, dan obat-obatan. Dokter juga dapat melakukan tes atau pemeriksaan darah untuk menyingkirkan kemungkinan penyebabnya. Ketika dokter mengidentifikasi penyebab rasa asin, mereka akan merekomendasikan perawatan.

Pengobatan rumahan

Banyak orang menemukan bantuan dengan menggunakan obat rumahan. Beberapa obat untuk rasa asin termasuk:

  • Menjaga kebersihan mulut setiap hari

  • Berkumur dengan obat kumur antibakteri

  • Mengunyah permen karet bebas gula

  • Minum banyak air sepanjang hari

  • Mengurangi konsumsi alkohol 

  • Menghindari makanan berminyak atau pedas

(Foto: healthline.com)

YesDok Ads