Penyebab Rambut Menipis dan Pengobatan Rumahannya

May 28, 2020 | Kaifia

Rambut tipis.

Seiring usia seseorang bertambah, rambut mereka mulai menipis. Dalam beberapa kasus, rambut yang menipis disebabkan oleh kekurangan nutrisi, diet, dan kerontokan rambut.

Penipisan dan hilangnya rambut terjadi secara bertahap, yang berarti Anda punya waktu untuk menentukan penyebabnya dan mencari tahu langkah-langkah perawatan terbaik.

Apa yang menyebabkannya?

Penipisan rambut kerap dikaitkan dengan gaya hidup dan genetika. Beberapa pengobatan medis tertentu juga memainkan peran dalam penipisan rambut.

Kebiasaan gaya hidup adalah kontributor utama penipisan rambut. Ini termasuk:

Merawat rambut Anda secara berlebihan. 

Termasuk perawatan warna yang dapat merusak rambut.

Menggunakan produk-produk rambut yang keras

Produk rambut seperti semprotan dan gel rambut yang ditahan secara ekstrim. Warna sementara juga bisa kasar untuk rambut Anda.

Menguncir rambut Anda terlalu keras

Ketika Anda menguncir rambut terlalu kencang, hal ini dapat menarik rambut Anda dan mematahkannya dari folikel, menyebabkan bintik-bintik tipis dari waktu ke waktu. Menguncir rambut terlalu kencang juga dapat menghambat oksigen yang memicu kerapuhan dan penipisan rambut.

Tidak mendapatkan cukup zat besi, asam folat, dan mineral lain dalam diet Anda

Kandungan ini membantu folikel menghasilkan rambut secara alami.

Mengalami stres berlebihan

Berbagai kondisi tertentu dapat dipicu oleh stres, salah satunya penipisan rambut. Stres terkait dengan peningkatan hormon seperti kortisol. Terlalu banyak hormon stres dapat membunuh rambut baru yang ingin tumbuh.

Pengobatan rumahan

Mengonsumsi diet yang sehat

YesDok Ads

Pilihan diet berkontribusi dalam menjaga kesuburan rambut. Protein, lemak, dan vitamin dan mineral tertentu sangat penting untuk kesehatan rambut. 

Makanan yang mendorong pertumbuhan rambut yang sehat:

Telur

Telur adalah sumber terbaik protein yang penting untuk pertumbuhan rambut. Mereka juga mengandung biotin, vitamin B yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, meskipun hasil penelitian beragam.

Kacang Brazil

Ini adalah sumber selenium, mineral yang dapat meningkatkan kesehatan rambut.

Ikan berlemak

Jenis ikan ini merupakan sumber omega-3 yang baik, yang juga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

Menggunakan minyak esensial

Beberapa orang menggunakan minyak esensial untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Ada sedikit penelitian tentang seberapa efektif minyak ini bisa, tetapi mereka tidak mungkin berbahaya. Anda dapat mencoba beberapa minyak esensial ini untuk pertumbuhan rambut yang sehat dan mengatasi penipisan:

  • Minyak peppermint

  • Minyak rosemary

  • Minyak lavender

Mengonsumsi multivitamin

Dokter atau penyedia layanan kesehatan mungkin merekomendasikan multivitamin harian. Rambut yang sehat membutuhkan zat besi, asam folat, dan zinc untuk tetap tumbuh tebal dan kuat.

(Foto: thelist.com)

YesDok Ads