Penyebab Puting Bayi Baru Lahir Mengeluarkan Cairan

May 30, 2020 | Aqiyu

newborn

Menjadi orang tua baru tentu sangat menyenangkan dan menegangkan. Segala hal yang terjadi dan menyangkut si kecil akan membuat bingung dan khawatir. Salah satunya seperti cairan mirip susu yang keluar dari puting bayi baru lahir. Hal ini bisa terjadi pada bayi laki-laki maupun perempuan. Lalu apa penyebabnya?

Bagi para orang tua yang melihat hal itu sebaiknya jangan panik dulu. Karena kemungkinan cairan mirip susu yang keluar puting si kecil adalah galaktorea. Galatorea biasa juga dikenal dengan sebutan neonatal milk atau witch’s milk merupakan cairan yang keluar dari puting manusia. Namun cairan ini berbeda dengan cairan susu ASI yang diproduksi oleh ibu. Galaktorea terjadi akibat banyaknya hormon prolaktin yang berfungsi untuk memproduksi ASI didalam tubuhnya yang terbawa dari ibu.

Kondisi ini juga biasanya diikuti dengan membesarnya bagian dada. Cairan ini bisa keluar dari salah satu puting atau keduanya dengan cara keluar sendiri atau pun ditekan. Galaktorea bukan hanya terjadi pada bayi lahir tetapi juga bisa dialami oleh orang dewasa.

Galaktorea bukan termasuk penyakit, tapi bisa jadi menandakan suatu masalah dalam tubuh. kondisi kesehatan lain yang ditandai dengan keluarnya cairan pada puting si kecil karena kadar estrogen yang tinggi saat ibu hamil sehingga melewati plasenta ke dalam darah bayi yang menyebakan pembesaran pada pyudara bayi. sedangkan pada orang dewasa, baik pria maupun wanita belum melahirkan, keluarnya cairan ini bisa menandakan tumor pada kelenjar pituitari.

YesDok Ads

Bayi yang mengalami galaktorea tidak memerlukan penanganan khusus, karena kondisi ini akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa bulan kehidupan si kecil. Namun, yang perlu diperhatikan bagi para orang tua adalah tidak boleh memencet atau menekan dengan paksa untuk mengeluarkan cairan tersebut. Karena tekanan paksa yang dilakukan akan menyebabkan bakteri masuk ke dalam kelenjar susu dan menimbulkan infeksi payudara.

Kondisi yang perlu dikhawatir bila cairan ini keluar disertai dengan gejala lainnya seperti dada kemerahan, keras dan hangat. Anda perlu memeriksakan kondisi si kecil untuk mendapatkan penanganan yang tepat segera.

(Foto: firstcry parenting)

YesDok Ads