Penyebab Potensial Eksim Kembali Kambuh

June 12, 2021 | Kaifia

Eksim pada tangan.

Berbagai gangguan dapat memengaruhi faktor mengapa eksim bisa kambuh seperti alergen, kadar stres yang tinggi, dan cuaca yang dingin. 

Mengenali serta mengidentifikasi pemicu potensial bisa membantu orang menghindari dan mengendalikan gejala eksim mereka.

Kambuhnya gejala eksim yang membuat kulit menjadi ruam merah dan gatal-gatal. Seseorang juga akan memperhatikan timbulnya bercak cokelat kemerahan atau abu-abu yang terlihat meradang di sekitar area tangan, kaki, dada dan leher.

Seseorang yang memiliki jenis eksim tertentu seperti dermatitis kontak iritan, mungkin mengalami eksim langsung setelah menyentuh zat yang mengiritasi sehingga membuat tubuh lebih mudah untuk mengidentifikasinya.

Namun, penderita jenis eksim lainnya dapat kemungkinan menemukan penyebab kekambuhan yang lebih sulit.

Penyebab eksim kambuh

Terkena paparan air terlalu sering

Sering terkena air dapat mengeringkan kulit dan membuat eksim lebih sering mungkin terjadi. Ini terutama berlaku untuk orang-orang yang secara rutin mencuci tangan.

YesDok Ads

Mandi terlalu sering, berendam dan berenang juga dapat menghilangkan kelembapan dari kulit. Seseorang dapat mengatasi hal ini dengan menggunakan sabun lembut dan bebas pewangi untuk kulit sensitif serta menggunakan air hangat dan tidak terlalu panas saat mandi.

Iritasi

Hal ini dapat mencakup barang-barang yang ada di rumah tangga seperti sabun tangan, cuci piring, deterjen, sampo, sabun mandi atau pembersih rumah.

Jus buah atau sayuran bahkan daging juga bisa menjadi pemicu bagi beberapa orang.

Oleh karena itu, mencegah kontak dengan iritasi melalui mengenakan pakaian pelindung seperti sarung tangan sangat penting.

Kadar stres tinggi

Stres berdampak buruk bagi kesehatan seseorang secara keseluruhan termasuk dapat memicu gejala eksim.

Hingga saat ini, dokter belum tahu secara persis mengapa hal tersebut terjadi tetapi juga penting bagi Anda mengurangi stres yang berlebihan mulai dari meditasi, perubahan gaya hidup dan melakukan pendekatan seperti terapi perilaku kognitif.

YesDok Ads